Metode Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Metode Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Metode belajar bahasa inggris untuk pemula tersedia dalam banyak pilihan. Bahasa Inggris merupakan bahasa asing, akan tetapi sudah banyak orang Indonesia yang menggunakan kata atau kalimat Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari.

Siapa saja dapat menonton film barat yang telah lama masuk ke Indonesia dengan budaya bahasa asingnya. Selain itu, musik dan film Indonesia bahkan telah mengadopsi bahasa asing ke dalam lirik lagu dan naskah.

Daftar Metode Belajar Bahasa Inggris Bagi Pemula

Ada empat metode belajar Bahasa Inggris bagi pemula sudah dikenal banyak orang. Selain itu, metode-metode ini juga terbilang efektif ketika digunakan dalam belajar bahasa Inggris, sebagaimana berikut:

Grammar Translation Method (GTM)

Pada metode yang satu ini, lebih fokus dalam membahas grammar dan tata bahasa. Biasanya, metode ini disebut sebagai metode klasik. Siswa akan belajar menerjemahkan kalimat Bahasa Inggris dalam Bahasa Indonesia, atau sebaliknya. Selain untuk meningkatkan keterampilan menulis, GTM juga berguna untuk meningkatkan keterampilan membaca.

Audio Lingual Method

Pada proses belajar bahasa Inggris, Audio Lingual Method merupakan metode yang sering digunakan untuk praktik berbahasa Inggris. Pengajar akan mengucapkan dialog pendek yang belum kamu pahami artinya.

Setelah itu, kamu diajak untuk bisa mengetahui maksud dari dialog.  Kamu diminta mengamati mimik, pose, dan lainnya yang dilakukan oleh pengajar agar bisa menebak arti dialog.

Baca juga : Cara Menguasai Bahasa Inggris Dengan Tepat

Silent Way

Metode ketiga adalah Silent Way yang memilih rods untuk media saat mengajarkan banyak materi. Beberapa yang dipelajari adalah berbicara dan tata bahasa menggunakan bahasa Inggris. 

Pada metode ketiga, mengajak kamu untuk menciptakan sense atau inner criteria. Dari sinilah, kamu mempunyai kemampuan membaca dan memperbaiki diri bila ada kesalahan dalam pemakaian bahasa Inggris.

Total Physical Response

Metode belajar bahasa Inggris untuk pemula yang keempat adalah Total Physical Response. Kamu bisa menggunakan metode ini untuk beberapa aktivitas yaitu berjalan, duduk, memegang benda, serta menulis.

Cara yang dipakai pengajar untuk mempraktekkan metode adalah memerintah diri sendiri. Pengajar akan memberikan instruksi dalam bahasa Inggris kepada diri sendiri. Selanjutnya, pengajar akan melakukan isi dari instruksi tersebut.

Hal di atas adalah contoh yang bisa kamu tiru. Pengajar tidak hanya memberikan teori, akan tetapi langsung mencontohkannya. Pada metode ini kamu diberikan kemudahan dalam belajar bahasa Inggris. Jika kamu tidak sempat belajar karena terlalu banyak materi dapat menggunakan metode Total Physical Response.

Active Listening

Jika kamu ingin berkomunikasi efektif dalam bahasa Inggris, memiliki keterampilan mendengarkan yang baik adalah hal penting. Mendengarkan dengan penuh perhatian adalah bagian krusial dari proses belajar bahasa Inggris. Dengan mendengarkan secara cermat, kamu dapat meningkatkan kemampuan berbicara, serta memperluas kosakata dan pemahaman tata bahasa dengan kata-kata baru.

Immersion

Jika kamu serius ingin belajar bahasa Inggris, penting aktif menggunakan bahasa Inggris setiap hari. Mulailah berbicara rutin dengan penutur asli bahasa Inggris. Cara ini akan membantu membiasakan diri dengan berbagai aksen dan gaya bicara.

Selain itu, bergabunglah dengan grup pertukaran bahasa untuk berlatih berbicara dengan sesama pelajar. Cara ini akan membantu agar kamu berkesempatan belajar dari kesalahan orang lain. Mendaftar di kursus bahasa Inggris menjadi langkah efektif untuk meningkatkan kemampuan secara terstruktur.

Jangan lupa untuk menghadiri acara budaya dan pertemuan sosial di mana bahasa Inggris digunakan. Cara ini akan memberikan kamu kesempatan untuk mengaplikasikan keterampilan bahasa dalam situasi nyata. Selain itu, berinteraksi dengan media berbahasa Inggris, seperti film, buku, dan podcast, akan membantu kamu  lebih terbiasa dengan bahasa ini. 

Metode Pronunciation

Untuk berkomunikasi efektif, sangat penting menguasai keterampilan berbicara dalam bahasa Inggris, termasuk pengucapan jelas dan akurat. Kesalahan kecil dalam pengucapan dapat mengubah makna kalimat secara keseluruhan, dan aksen yang berat bisa membuat orang lain sulit memahami.

Cobalah metode shadowing, yaitu mendengarkan penutur asli saat mereka mengatakan sesuatu dan berusaha menirukan mereka untuk menyamakan nada, ritme, dan intonasi. Identifikasi suara-suara dalam bahasa Inggris yang sulit bagimu dan latihlah secara berulang.

Gunakan aplikasi dan situs web yang menawarkan rekaman audio yang menunjukkan cara mengucapkan kata dan frasa dengan benar. Lanjutkan dengan mengadakan latihan dan kuis untuk membantu latihan pengucapan. Cobalah berbicara bahasa Inggris dengan penutur asli yang bersedia membantu. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan umpan balik langsung dan memperbaiki pengucapan.

Baca Juga : Tahapan Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Tips Menentukan Metode Belajar yang Tepat

Pertama, manfaatkan metode belajar menggunakan aplikasi. Metode ini adalah pilihan terjangkau bagi pemula yang perlu mempelajari kosakata dan grammar dasar. Kebanyakan aplikasi sering kali mengintegrasikan elemen gamifikasi dalam programnya, membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan.

Kamu dapat menggunakannya kapan saja memiliki waktu luang. Bagi pelajar tingkat menengah dan lanjutan, aplikasi juga bisa bermanfaat untuk menyegarkan pengetahuan dan berlatih keterampilan sesuai waktu mereka sendiri.

Kedua, cobalah metode dengan bantuan tutor profesional. Ketika kamu belajar bahasa Inggris menggunakan sistem yang melibatkan tutor, seperti blended learning atau dalam virtual group, kamu akan mendapatkan umpan balik tentang semua aspek komunikasi, tidak hanya tata bahasa dan kosakata, tetapi juga tentang intonasi, ekspresi, dan idiom lokal. 

Umpan balik ini membantu kamu memperbaiki keterampilan berbicara secara menyeluruh. Sehingga dapat menjadi metode tepat untuk meningkatkan cara kamu mengungkapkan diri dan berkomunikasi lebih efektif dalam konteks berbeda.

Kursus immersive adalah kamu belajar secara penuh waktu. Metode belajar bahasa inggris untuk pemula ini sangat efektif baik di dalam maupun di luar kelas. Cara ini memberi kesempatan untuk menerapkan keterampilan baru dalam berbagai situasi dan mendengar berbagai aksen regional.

Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah mendapatkan informasi tentang apa saja metode belajar bahasa Inggris untuk pemula. Hampir semua metode membutuhkan latihan atau praktek rutin agar bisa belajar Bahasa Inggris dengan cepat. Latihan intensif juga disarankan dilakukan dengan bimbingan dari tutor profesional untuk memberikan umpan timbal balik.

ICAN English memiliki pengalaman luar biasa dalam mengajarkan bahasa Inggris dan keterampilan komunikasi kepada pelajar. Lembaga kursus Bahasa Inggris ini menawarkan pembelajaran dengan pendekatan praktis dan individualisasi. Sehingga, setiap siswa belajar secara efektif dan membuat kemajuan cepat sesuai kebutuhan personal.

ICAN English menawarkan berbagai kursus, termasuk General English, Speaking Class, IELTS dan TOEFL Preparation Class. Kamu dapat belajar bahasa Inggris dengan pelatih ahli kami di lokasi langsung, atau memilih untuk belajar bahasa Inggris secara online dalam kelompok atau kelas individu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel