Pembahasan Lengkap tentang Apa Itu Active Voice

Mengenal Kalimat Active Voice dalam Bahasa Inggris: Struktur, Contoh, dan Cara Menggunakannya

“Voice” mengacu pada bentuk kata kerja yang menunjukkan kapan subjek gramatikal melakukan tindakan atau menerima tindakan. Ketika sebuah kalimat ditulis dalam bentuk Active voice, subjek melakukan tindakan.

Dalam penulisan akademik, umumnya lebih disarankan untuk memilih kata kerja aktif dan menggabungkannya dengan subjek yang menyebutkan orang atau hal yang melakukan tindakan. Kata kerja aktif lebih kuat dan biasanya lebih tegas bentuk pasif, seperti contoh berikut:  The professional chef prepares each signature menu.

Pada contoh kalimat aktif di atas, subjek adalah “chef” dan “prepare” adalah kata kerjanya. Kalimat aktif berbicara tentang apa yang dilakukan oleh orang (atau benda).

Contoh Kalimat Active Voice dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut adalah penjelasan dan contoh kalimat active voice dari semua bentuk waktu (verb tenses). Dalam bentuk aktif, subjek kalimat adalah orang atau benda yang melakukan tindakan.

Jenis tensesContoh kalimat
Simple PresentMaria eats in the restaurant
Present ProgressiveJoko is learning Spanish.
Present PerfectOur university has opened a language centre in the East Campus
Present Perfect progressiveOur university has been awarding MAdiplomas for over ten years
Simple PastOur family sold the food at the marketwhen I was young
Past ProgressiveThey were dating these days.
Past PerfectHans’ mother was puzzled because shehad forbidden her son to go
Past Perfect ProgressiveHans had been trying to tell his fatherabout Diana for a long time.
Simple FuturePaul and Diana will visit us in June.
Future ProgressiveDiana and Paul will be spending their time on the boat.
Future PerfectBy our wedding date, we will havespent enough money to buy an apartment.
Future Perfect ProgressiveWhen we celebrate our first weddinganniversary, we will have been living together for a year.

Kalimat aktif cenderung lebih jelas dan langsung karena subjek melakukan tindakan, memudahkan pembaca atau pendengar untuk memahami siapa yang melakukan apa. Struktur ini juga membuat teks lebih mudah dibaca dan lebih mengalir dengan baik, sehingga menjaga perhatian pembaca dan menjadikannya lebih menarik.

Rumus Kalimat Active

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang rumus kalimat active dalam Bahasa Inggris berdasarkan tenses dan fungsinya:

Jenis tensesRumus active voiceFungsi
Simple Presentbase form or “-s/-es” formUntuk membuat generalisasi, menyatakan keadaan, atau menunjukkan tindakan yang bersifat kebiasaan atau berulang.
Present Progressiveam/is/are + -ingUntuk menggambarkan aktivitas yang sedang berlangsung atau tindakan sementara.
Present Perfecthas/have + -ed/-enUntuk menggambarkan tindakan yang terjadi di masa lalu tetapi masih relevan hingga saat ini, atau berlanjut hingga saat ini.
Present Perfect Progressivehas/have + been + -ingUntuk menggambarkan suatu tindakan yang sedang berlangsung yang dimulai sebelum sekarang dan masih relevan hingga saat ini.
Simple pastbase + -ed or irregular formUntuk menunjukkan tindakan umum atau kebiasaan yang terjadi di masa lalu atau pada waktu tertentu di masa lalu.
Past progressivewas/were + -ingUntuk menunjukkan tindakan yang sedang berlangsung di masa lalu atau tindakan yang berlanjut melalui waktu tertentu di masa lalu.
Past Perfecthad + -ed/-enUntuk menunjukkan tindakan yang telah selesai sebelum waktu tertentu atau sebelum tindakan lain di masa lalu.
Past Perfect Progressivehad + been + -ingUntuk menunjukkan tindakan yang terus berlangsung sejak sebelum tindakan atau waktu di masa lalu.
Simple Futurewill + baseam/is/are going to + baseUntuk menunjukkan tindakan yang diperkirakan akan terjadi pada waktu di masa depan.
Future Progressivewill + base + -ingUntuk menunjukkan suatu tindakan di masa depan dengan penekanan pada tindakan yang akan terus berlangsung.
Future Perfectwill + have + -ed/-enUntuk menunjukkan suatu tindakan di masa depan yang diperkirakan akan selesai sebelum tindakan atau waktu di masa depan yang lain.
Future Perfect Progressivewill + have + been + -ingUntuk menunjukkan suatu tindakan yang diperkirakan sudah berlangsung untuk beberapa waktu sebelum suatu waktu di masa depan.

Mempelajari kalimat aktif sangat penting untuk komunikasi efektif. Pemahaman ini memungkinkan pembicara atau penulis menyampaikan ide dengan jelas dan langsung. 

Dalam kalimat aktif, subjek melakukan tindakan, yang membantu menciptakan nada lebih dinamis dan menarik. Struktur ini memudahkan pembaca atau pendengar untuk memahami siapa yang melakukan apa, sehingga mengurangi ambiguitas dan kebingungan.

Perbedaan Active Voice dan Passive Voice

Kalimat dalam active voice menempatkan pelaku tindakan sebagai subjek. Sedangkan kalimat passive voice menunjukkan bahwa subjek menjadi penerima tindakan.

Ciri Ciri Active Voice

Berikut adalah ciri-ciri kalimat dalam active voice:

  • Kalimat active voice memiliki nada yang tegas dan langsung.
  • Subjek kalimat biasanya ditempatkan di awal.
  • Setelah subjek, biasanya terdapat kata kerja (verb) dan objek.
  • Kalimat ini memberikan penjelasan yang jelas mengenai tindakan yang dilakukan oleh subjek.

Kalimat aktif sangat penting dalam penulisan akademik dan profesional, di mana kejelasan dan ketepatan sangat diperhatikan. Active voice menekankan pelaku tindakan, yang dapat memperkuat argumen dan membuat tulisan lebih otoritatif. 

Ciri Ciri Passive Voice 

Berikut adalah karakteristik atau ciri-ciri kalimat pasif:

  • Saat mengubah kalimat dari bentuk aktif menjadi pasif, objek kalimat berubah menjadi subjek.
  • Kalimat pasif seringkali tidak secara eksplisit menyebutkan ‘aktor’ atau pihak yang melakukan tindakan.
  • Jika ingin memperjelas siapa yang melakukan tindakan, kata ‘by’ biasanya ditambahkan di akhir kalimat.

Memahami tanda suara pasif sangat penting untuk komunikasi yang jelas dan efektif. Suara pasif menggeser fokus dari subjek yang melakukan tindakan ke tindakan itu sendiri dan penerimanya.

Rumus Active Voice

Dalam contoh simple present tense, rumus active voice adalah menggunakan base form atau -s/es form. Berikut adalah contoh kalimatnya dalam sehari-hari:

Danu eats the cake.

Pada contoh kalimat tersebut, active voice digunakan untuk menyatakan keadaan, atau menunjukkan tindakan bahwa subject (Danu) yang memakan (eats) kuenya (cake).

Contoh lainnya adalah menggunakan present progressive, seperti contoh berikut:

Danu is eating the cake.

Contoh kalimat tersebut menggambarkan aktivitas yang sedang berlangsung atau tindakan sementara yang dilakukan oleh Danu, yaitu sedang memakan (is eating) kuenya (the cake).

Rumus Passive Voice

Dalam contoh simple present tense, rumus penggunaan passive voice adalah menggunakan rumus am/is/are + past participle. Berikut adalah contoh penggunaannya:

The cake was eaten by Danu.

Dari contoh tersebut, passive voice digunakan untuk menyatakan keadaan. Fungsinya membantu menjelaskan keadaan kue (the cake) yang sudah dimakan (was eaten) oleh subject (by Danu).

Contoh lainnya yaitu menggunakan present progressive, seperti contoh berikut:

The cake is being eaten by Danu

Contoh tersebut menunjukkan peristiwa yang sedang terjadi beberapa waktu lalu. Pada saat itu, kuenya (the cake) sedang dimakan (is being eaten) oleh subjeknya (by Danu).

Baca Juga: Perbedaan Active Voice Dan Passive Voice

Aturan Mengubah Active Voice menjadi Passif Voice

Agar kamu lebih memahami tentang kalimat  aktif bahasa inggris, maka kamu harus belajar cara mengubahnya menjadi passive voice.  Berikut adalah contoh perubahan dalam active voice menjadi passive voice:

Active voice: Danu wrote the letter.

Passive voice: The letter was written by Danu.

Objek langsung pada kalimat tersebut adalah the letter. Verb pada active voice tersebut adalah “wrote” yang dirubah menjadi “was written” pada kalimat pasif. “The letter” dipindah posisinya pada akhir kalimat agar berada di awal kalimat. Subjek dijelaskan dengan menggunakan frasa kata “by Danu”.

Kesimpulan

Sekarang, kamu bisa mencoba menggunakan rumus active voice yang ada pada panduan ini untuk latihan. Semakin sering kamu berlatih menggunakan kalimat active voice, rubahlah dalam bentuk pasif. Cara ini membantu agar kamu terbiasa menghadapi soal-soal passive dan active voice kapan saja. Bahkan bisa menggunakannya untuk percakapan sehari-hari.

Agar proses belajar Bahasa Inggris lebih mudah, pastikan kamu memiliki tujuan dan target pencapaian. Belajar Bahasa Inggris jauh lebih efektif jika kamu memiliki mentor profesional. Luangkan secara khusus waktu yang kamu miliki untuk belajar di ICAN English.

Pilih program apapun yang kamu mau, mulai dari General English, Business English, IELTS atau TOEFL Preparation Class. Banyak program ICAN English yang telah dirancang secara khusus dengan dukungan kelas intensif. Program disusun dalam batas waktu berbeda sesuai kebutuhan belajar setiap siswa. Selama mengikuti kelas, kamu juga akan dibimbing oleh tutor professional agar lebih jago berbahasa!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel