Belajar Huruf Vokal Bahasa Inggris (Vowels)

Belajar Huruf Vokal Bahasa Inggris (Vowels)

Bahasa Inggris memiliki lebih dari satu juta kata unik. Hanya sekitar seratus kata yang tidak memiliki huruf. Artinya, mempelajari dan memahami berbagai bunyi huruf vokal dalam bahasa Inggris sangatlah penting.

Huruf vokal adalah bagian penting dari tata bahasa. Semua huruf vokal sangat memengaruhi keterampilan membaca, mendengarkan, dan pengucapan.

Macam macam Vowels Bahasa Inggris

Menurut kamus Merriam-Webster, huruf vokal bahasa inggris adalah bunyi ujaran yang artikulasinya tidak terhalang oleh saluran napas bagian mulut dan tidak menimbulkan gesekan yang terdengar. Vokal adalah suara yang dapat kamu buat dengan mulut terbuka, bukan mulut tertutup.

Ada enam huruf vokal dalam alfabet Inggris, yaitu: a, e, i, o, u. Namun, ada lebih banyak bunyi daripada vokal sebenarnya! Dalam pengucapan bahasa Inggris British, ada sembilan belas. Dalam pengucapan Amerika berjumlah dua puluh satu. Semua bunyi ini dapat dibagi menjadi lima kategori utama: short, long, weak vowels, vowels with historical r, dan diphthongs.

Short Vowels

Jenis vokal pendek meliputi bunyi /ɪ/, /e/, /æ/, /ʌ/, /ɒ/, /ʊ/ (seperti pada kata pretty, trap, put, watch, dan many). Ciri khasnya adalah diucapkan dengan cepat dan dengan sedikit penekanan.

Long Vowels

Jenis vokal ini terdengar lebih panjang dan lebih ditekankan. Termasuk bunyi /iː/, /ɔː/, /uː/, /ɑː/ (seperti pada kata four, police, half, tuna,). Ada lebih banyak vokal panjang dalam pengucapan bahasa Inggris. Dalam daftar American accent, hanya mencakup /iː/, /uː/, dan /ɑː/.

Diphthongs

Jenis ini adalah bunyi yang terdiri dari dua suara berbeda. Bunyi pertama meluncur ke bunyi yang lain. Delapan diftong bahasa Inggris adalah: /eɪ/, /aɪ/, /ɔɪ/, /aʊ/, /oʊ/, /ju/, /eə/, /iə/ (seperti pada day, hair, near, use, fly, boy, house, go).

Vowels with Historical R

Jenis ini dikenal juga dengan vokal berwarna r. Bunyi “r” tidak diucapkan sebagai konsonan tersendiri, melainkan memodifikasi bunyi vokal yang mendahuluinya. Historical R mencakup suara /ɪr/, /ɛr/, /ɔr/, /ʊr/, /ɑr/, /ɝ/ (seperti dalam mercy, alarm, pure, fair, beer, dan chore).

Weak Vowels

Kamu juga dapat menyebut jenis vokal tereduksi atau bunyi schwa. Vokal ini diucapkan dengan durasi yang lebih pendek dibandingkan bunyi vokal lainnya. Bunyi vokal lemah yang paling umum dalam bahasa Inggris adalah bunyi schwa /ə/, diucapkan seperti bunyi pendek “uh” (seperti pada umumnya).

Kamu bisa menggunakan semua bunyi vokal yang berbeda di atas setiap kali berbicara bahasa Inggris! Untuk menguasainya, kamu hanya perlu menghafal perbedaan pengucapan dan memahami suara apa yang digunakan dalam berbagai konteks.

Baca Juga: Panduan Belajar Huruf Vokal dan Konsonan Bahasa Inggris

Cara Melatih Semua Jenis Bunyi Vokal

Cara terbaik untuk menghafal semua jenis vokal adalah dengan melatihnya. Saat mengucapkan dua kata dengan vokal berbeda secara berurutan, kamu dapat mendengar perbedaan di antara keduanya. Ada beberapa teknik yang bisa kamu gunakan untuk melatih membunyikan vokal yang tepat.

Shadow Reading, kamu dapat mendengarkan penutur asli dan mengulangi apa yang mereka katakan. Tirukan intonasi, tekanan, dan ritme. Latihan ini membantu mengembangkan pendengaran yang lebih baik terhadap bunyi-bunyi bahasa tersebut.

Pilih materi sesuai level untuk mendapatkan hasil maksimal dari teknik tersebut. Untuk pemula, sebaiknya memulai dengan teks sederhana, banyak pengulangan dan kosa kata yang mudah dipahami. Saat sudah lebih nyaman dengan bunyi bahasa tersebut, kamu dapat beralih ke materi lebih menantang.

Sekarang, kamu sudah memahami tentang huruf vokal bahasa inggris, mulai dari macam macam jenis dan cara melatihnya. Salah satu hal terbaik saat belajar di ICAN English adalah belajar privat atau berkelompok dengan tutor profesional. Kamu dapat menerima perhatian dan evaluasi yang dipersonalisasi mengenai kebutuhan dan tujuan spesifik.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel