Tips Latihan Parafrase untuk Tingkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris

Tips Latihan Parafrase untuk Tingkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris

Parafrase adalah keterampilan menulis yang penting dan lebih dari sekadar mengganti kata-kata dalam teks. Ketika kamu latihan parafrase, kamu akan belajar menangkap inti dari sebuah gagasan, menyampaikannya dengan cara baru dan menarik.

Teknik menulis ini membantu kamu menghindari plagiarisme. Parafrase juga menciptakan tulisan yang mudah diterima dan bernuansa baru bagi audiens.

Cara Latihan untuk Parafrase Bahasa Inggris yang Baik 

Berikut adalah apa saja cara latihan parafrase Bahasa Inggris dengan baik:

Menggunakan Sinonim 

Sinonim adalah kata-kata berbeda yang memiliki makna yang sama. Sebagai contoh, ‘money’ adalah sinonim dari ‘cash’ atau ‘funds’. Sedangkan ‘lethargic’ adalah sinonim dari ‘tired’ atau ‘drained’.

Dengan menggunakan sinonim, kamu dapat mengganti serangkaian kata dengan kata lain tanpa mengubah makna inti kalimat tersebut. Kamu perlu menggunakan kata-kata yang memiliki arti sama, bukan hanya mirip. Sehingga kamu dapat memperoleh nilai yang bagus selama ujian. Perhatikan contoh kalimat berikut:

‘She bought a new dress for the upcoming party’

Kamu bisa dengan mudah menggantinya menjadi:

‘She purchased a fresh outfit for the upcoming celebration’

Kunci adalah memastikan makna tidak berubah. Kamu hanya harus menggunakan kata-kata yang benar-benar kamu pahami. Tujuannya untuk mendapatkan nilai tinggi tanpa risiko mendapat pengurangan poin.

Rangkai Ulang Struktur Kalimat dan Paragrafnya

Cara efektif lainnya untuk memparafrase adalah dengan mengubah struktur kalimat tanpa kehilangan makna intinya. Berikut adalah contoh yang bisa kamu perhatikan:

“Some employees find it difficult to meet deadlines because they are not organized and lack time management skills.”

Kamu dapat melihat ada dua klausa, pertama ‘some employees find it difficult to meet deadlines’. Klausa kedua yaitu ‘because they are not organized and lack time management skills.’

Tukar urutan dan ubah beberapa bentuk kata untuk membuat kalimat mengalir lebih alami, seperti berikut:

“Poor organization and a lack of time management skills are the primary reasons why employees struggle to meet deadlines.”

Jadi, makna kalimat tersebut tidak hilang. Tetapi strukturnya telah berubah.

Baca Juga: Apa Itu Teknik Parafrase & Kegunaannya dalam Tes Bahasa Inggris?

Latihan Menggunakan Kalimat Aktif-Pasif secara Bergantian

Tes Writing IELTS melibatkan penulisan esai diskursif dan membahas berbagai sudut pandang. Memahami cara mengubah antara suara aktif dan pasif adalah keterampilan sangat penting.

Active VoiceSubject + am/is/are + verb(-ing) + objectPassive VoiceSubject + am/is/are + being + past participle + (by + agent)
She is reading a book.A book is being read by her.

Latihan parafrase ini dapat dilakukan dengan mudah. Kamu bisa mengidentifikasi objek langsung dari kalimat. Selanjutnya, tempatkan objek langsung di awal kalimat, hilangkan tindakannya, dan mengubah bentuk kata kerja, seperti contoh berikut:

“Many people will attend the conference.”

Kamu bisa menulis ulang kalimat ini menjadi bentuk pasif. Caranya, tempatkan ‘conference’ di awal kalimat dan hilangkan tindakan ‘attend’ serta ubah bentuknya, menjadi contoh berikut: 

“The conference will be attended by many people.”

Baca Ulang dan Bandingkan 

Salah satu metode berguna adalah membaca ulang kalimat atau teks yang ingin kamu parafrasekan. Selanjutnya, bandingkan dengan versi asli. Baca teks dengan seksama untuk memahami makna keseluruhan. Tulis ulang dengan kata-kata dan struktur kalimat berbeda. Berikut adalah contoh kalimat awal:

“Many students find it challenging to complete their assignments on time because they often procrastinate.”

Kamu bisa mengubahnya menjadi kalimat baru seperti berikut:

 “A lot of students struggle to finish their assignments promptly due to their tendency to delay tasks.”

Setelah selesai, bandingkan hasil parafrase dengan teks asli. Periksa apakah semua informasi penting sudah tercakup. Jika ada bagian yang tidak sesuai, revisi hingga mendapatkan versi lebih baik. Latihan ini tidak hanya membantu memahami teks secara mendalam, tetapi juga melatih kemampuan menulis dan memperkaya kosakata.

Kenapa Parafrase Penting dalam Bahasa Inggris?

Setelah belajar tentang bagaimana cara untuk parafrase, berikutnya kamu harus tahu apa saja manfaatnya. Pada tes IELTS, TOEFL, dan SAT, berikut adalah apa saja manfaat memahami parafrase Bahasa Inggris dengan benar:

Melatih Pemahaman Informasi

Parafrase meningkatkan kemampuan memahami dan menginternalisasi informasi. Kemampuan ini membuat kamu lebih mudah memproses dan menafsirkan ulang materi tulisan atau lisan dengan kata-kata kamu sendiri. Keterlibatan aktif ini memaksa kamu untuk memecah ide-ide kompleks, menganalisis maknanya, dan kemudian menyusunnya kembali sesuai dengan perspektif.

Dengan latihan parafrase, kamu dapat  memperdalam pemahaman. Kemampuan ini juga membantu mempertahankan informasi lebih lama, dan membuat kamu mampu mempertahankan koneksi antara pengetahuan baru dengan yang sudah kamu ketahui. 

Dengan menerjemahkan ide-ide asli ke dalam ekspresi sendiri, kamu juga mengembangkan pemikiran kritis. Pemahaman ini juga akan meningkatkan kemampuan menjelaskan konsep secara jelas kepada orang lain.

Melatih Koherensi Penulisan dan Percakapan

Parafrase berfungsi sebagai cara untuk meningkatkan kejelasan dan keterbacaan teks. Dengan melakukan parafrase, kamu dapat menyederhanakan konsep-konsep rumit sehingga lebih mudah dipahami, baik oleh diri sendiri maupun pembaca.

Proses ini membantu mengubah bahasa yang sulit atau teknis menjadi lebih sederhana dan dapat diakses, tanpa mengubah makna dasar informasi. Parafrase juga memungkinkan menghindari pengulangan kata-kata sama. Sehingga tulisan menjadi lebih dinamis dan menarik. Hal ini sangat bermanfaat dalam menyampaikan pesan dengan cara yang lebih jelas dan efektif.

Menunjukkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Latihan parafrase secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan menulis kamu. Dengan parafrase, kamu didorong untuk memperkaya kosakata dan memperbaiki struktur kalimat. Hal ini membantu mengasah keterampilan menulis secara bertahap. 

Melalui proses ini, kamu belajar menyampaikan gagasan dengan cara yang lebih bervariasi dan efektif, sehingga tulisan menjadi lebih beragam dan menarik. Parafrase juga membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis, karena kamu perlu memahami inti dari teks asli sebelum merangkainya kembali dalam kata-kata kamu sendiri.

Mengasah Vocabulary

Dengan menggunakan parafrase, kamu tidak hanya mengungkapkan ide dengan cara yang berbeda, tetapi juga memahami nuansa bahasa lebih halus. Hal ini membantu menciptakan variasi gaya penulisan dan meningkatkan kreativitas dalam menyusun kalimat.

Selain itu, parafrase memungkinkan kamu menghindari pengulangan kata atau frase yang sama. Sehingga tulisan menjadi lebih menarik dan dinamis. Hasilnya, keterampilan menulis kamu secara keseluruhan akan terus berkembang, terutama dalam penyusunan kalimat efektif dan ekspresif.

Menulis apa yang kamu baca berulang-ulang tidaklah membuat ujian writing kamu mendapatkan nilai bagus. Bahkan, justru akan mendapatkan penalti dari penguji. Walaupun kamu sudah menulis menggunakan tata bahasa sempurna, tetapi kamu tidak mengubah kalimat yang ada dalam pertanyaan.

Belajar Bahasa Inggris Lebih Maksimal di ICAN English

Belajar bahasa Inggris melalui kursus menawarkan berbagai keuntungan yang meningkatkan pengalaman pembelajaran bahasa. Kursus menyediakan lingkungan belajar terstruktur, dipandu instruktur berkualitas, yang memberikan umpan balik dan wawasan personal. ICAN English menawarkan praktik interaktif, seperti kegiatan kelompok, diskusi.

Selama belajar di ICAN English, kamu akan mendapatkan akses ke berbagai sumber daya, kolaborasi antar teman, dan paparan budaya. Kursus kami mengintegrasikan penilaian untuk kemajuan personal dan menawarkan konten yang disesuaikan untuk kebutuhan spesifik, seperti bahasa Inggris untuk bisnis atau akademis.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel