Kegunaan Adjective Kata Sifat Bahasa Inggris dan Contohnya

Kegunaan Adjective Kata Sifat Bahasa Inggris dan Contohnya

Adjective atau kata sifat Bahasa Inggris merupakan salah satu dari delapan bagian mendasar dalam bahasa. Fungsinya adalah untuk mengubah kata benda atau kata ganti, memberikan lebih banyak detail atau deskripsi.

Dalam kalimat “Joko is wearing his old jacket,” kata “old” bertindak sebagai adjective yang menggambarkan kata benda “jacket.” Adjective biasanya ditempatkan sebelum kata benda. Adjective juga dapat ditemukan setelah kata kerja penghubung seperti “be,” “feel,” atau “seem,”.

Kegunaan Adjective dalam Bahasa Inggris

Kata sifat biasanya diletakkan sebelum kata benda, seperti contoh “interesting job” atau “black jacket.” Tetapi ketika menggunakan beberapa kata kerja tertentu seperti “be,” “seem,” “appear,” “feel,” “look,” atau “smell,” adjective datang setelah kata kerja dan menggambarkan subjek. Dalam Bahasa Inggris, hal tersebut dikenal dengan predicative adjective. Sebagai contoh, “Joko is smart,” atau “The cake smells delicious.”

Adjectives memiliki peranan penting dalam komunikasi karena beberapa alasan:

Adjective Menciptakan Visual Dalam Pikiran

Penggunaan adjective membuat bahasa lebih menarik, deskriptif, dan ekspresif. Kata sifat ini menambah informasi dan detail pada kata benda dan kata ganti. Sehingga, sangat berguna dalam menciptakan visualisasi atau gambaran hidup dalam pikiran agar bisa berkomunikasi secara lebih efektif.

Untuk memahaminya, maka kamu bisa membaca kedua contoh kalimat adjective atau kata sifat Bahasa Inggris berikut:

  • Joko ran.
  • Joko ran quickly to the street, chasing after his bright blue ball.

Dari kedua contoh tersebut, kalimat kedua menciptakan gambaran lebih hidup. Hal ini karena adanya beberapa adjective (bright, blue). Pikiran akan menciptakan gambaran tentang subjek dalam kalimat melalui penggunaan adjective.

Adjective Mengekspresikan Emosi

Alasan lain mengapa adjective penting adalah untuk mengekspresikan emosi atau perasaan. Daripada hanya mengatakan “I am happy,” kamu bisa menggunakan adjective seperti “Thrilled,” “Overjoyed,” atau “Ecstatic” untuk mengutarakan rasa kebahagiaan dan kegembiraan lebih besar.

Digunakan dalam Bidang Profesional

Adjective juga penting dalam banyak bidang profesional. Misalnya, pemasaran, periklanan, dan jurnalisme tidak bisa lepas dari penggunaan adjective. Fungsinya membantu memberikan informasi lebih lanjut tentang kata benda atau kata ganti dalam sebuah kalimat, membuat kalimat menjadi lebih deskriptif dan menarik.

Di industri-industri ini, adjective sering digunakan untuk mendeskripsikan produk, layanan, dan acara agar lebih menarik konsumen atau pembaca. Tanpa adjective, bidang-bidang ini akan kurang efektif dalam menyampaikan pesan-pesan.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Adjective Kata Sifat Bahasa Inggris
Penjelasan Adjective dalam Bahasa Inggris

Contoh Penggunaan Adjective

Adjective adalah kata-kata yang memperkaya dan menggambarkan kata benda atau kata ganti. Sehingga, dapat memberikan detail tambahan untuk memperkaya pemahaman.

Joko bought a beautiful car

Dalam kalimat ini, kata “beautiful” berfungsi sebagai adjective, menambah kedalaman pada kata benda “car.” Dengan menggunakan adjective, kamu memberikan informasi tambahan dan menciptakan gambaran yang lebih hidup tentang kata benda yang dimaksud. Berikut adalah contoh lainnya untuk penggunaan adjective dalam kalimat:

  • The big boy went through the jungle.
  • Susan baked a delicious cake.
  • Our old car was broken.

Untuk mempelajari adjective kata sifat Bahasa Inggris, kamu juga bisa lebih mudah belajar di ICAN English! Dapatkan jadwal kursus Bahasa Inggris yang fleksibel, yang dirancang dengan kurikulum agar dapat memenuhi pembelajaran sesuai kebutuhan personal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel