Apa Itu Adjective Dan Adverb? Ini Penjelasannya!

Apa Itu Adjective dan Adverb? Ini Penjelasannya!

Saat ingin memahami tentang apa itu adjective dan adverb, maka kamu harus mengetahui apa saja perbedaan keduanya. Kamu juga harus mempelajari seperti ap acara menggunakan dan cara mengidentifikasi adjective dan adverb.

Adjective dan adverb adalah materi membingungkan saat kamu belajar bahasa Inggris, bahkan pada tingkat mahir. Jadi, mempelajari perbedaan keduanya akan meningkatkan pengetahuan tentang tata bahasa Inggris dan membantu menghindari beberapa kesalahan umum.

Pembahasan Adjective dan Adverb

Adjective dan adverb adalah alat penting dalam bahasa Inggris yang memperkaya dan memperjelas komunikasi. Adjective menyempurnakan kata benda dengan memberikan rincian spesifik. Adverb menambahkan kedalaman pada kata kerja, kata sifat, dan kata keterangan lainnya dengan menjelaskan bagaimana, kapan, di mana, dan sejauh mana tindakan dan keadaan terjadi.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang apa itu adjective dan adverb:

Perbedaan Adjective dan Adverb

Adjective dan adverb adalah kelas kata atau bagian dari ucapan. Keduanya adalah bagian penting dari tata bahasa Inggris dan menambahkan deskripsi pada kalimat. Perbedaan di antara keduanya terletak pada apa yang digambarkannya.

Adjective menjelaskan kata benda atau kata ganti (orang, tempat, atau benda). Adjective tidak pernah mendeskripsikan kata sifat atau kata kerja lain, misalnya:

“Mr. Joko is a smart man”

“Mr. Joko walks fast”

Untuk membedakan kedua kata ini, kamu perlu melihat perannya dalam kalimat dan penjelasannya. Apakah itu benda, orang, kejadian, atau tindakan?

“The cat is fast”

“Fast” adalah kata sifat karena menggambarkan kata benda (anjing).

“The dog runs fast”

“Fast” merupakan kata keterangan karena mendeskripsikan kata kerja (berjalan).

Aturan Penggunaan Adverb

Penggunaan adverb sangat sederhana, karena seringnya menggambarkan kata kerja. Adverb juga mendeskripsikan kata sifat atau kata keterangan lainnya, tetapi lebih jarang.

Untuk membentuk adverbs, kamu dapat menambahkan akhiran -ly pada kata sifat tersebut, misalnya:

slow – slowly

quick – quickly

beautiful – beautifully

nice – nicely

Kata keterangan juga dapat dibentuk dari kata benda dengan menambahkan –y saja. Misalnya:

wind – windy

sun – sunny

rain – rainy

Tidak semua kata keterangan mengikuti aturan ini, beberapa tidak mengikuti pola apa pun dan hanya perlu dipelajari, seperti berikut:

good – well

fast – fast

Kamu bisa mengatakan “good job!” dan “well done” tetapi bukan “very well season”. Ungkapan yang benar adalah “very good season.”

Aturan Penggunaan Adjective

Kata sifat memodifikasi atau memberikan detail tambahan tentang kata benda dalam sebuah kalimat. Adjective mengungkapkan makna lebih dalam atau menambah perasaan, seperti berikut:

“They had a conversation”

Kalimat ini tidak memiliki adjective, sehingga sulit menafsirkan percakapan seperti apa yang terjadi. Menambahkan adjective dapat menunjukkan jenis percakapan tersebut, seperti berikut:

“We had a serious conversation”

Menambahkan kata sifat “serious” dapat mengubah arti kalimat. Kata ini memberikan lebih banyak konteks tentang jenis percakapan dan memungkinkan pembaca atau pendengar memahami bagaimana percakapan tersebut berlangsung.

Kata sifat juga memberikan kejelasan dan dapat menjawab pertanyaan seperti “which” atau “what kind of”, misalnya:

“Their dog is very old”

Kata sifat “old” memberi tahu pembaca atau pendengar seperti apa anjing yang sedang dideskripsikan. Kamu juga dapat mengurutkan kata sifat untuk mengikuti kata benda dalam sebuah kalimat, seperti contoh di atas, tetapi tidak selalu harus seperti itu, misalnya:

“The yellow truck drove past five minutes ago”

Kata sifat “yellow” (warna juga bisa berupa kata benda atau kata kerja) menunjukkan kendaraan mana yang lewat.

Baca Juga: Mengenal apa itu Adjective dalam Bahasa Inggris

Benefit Belajar Adjective dan Adverb

Penggunaannya yang efektif memungkinkan deskripsi lebih jelas, tepat, dan menarik, untuk komunikasi tertulis dan lisan. Menguasai apa itu adjective dan adverb meningkatkan kemampuan seseorang untuk menyampaikan gagasan kompleks dengan jelas dan menarik.

Adjective dan adverb adalah komponen penting dalam bahasa Inggris, masing-masing memainkan peran dalam meningkatkan komunikasi. Adjective berfungsi untuk mendeskripsikan atau memodifikasi kata benda, memberikan rincian spesifik tentang kualitas, jumlah, atau keadaannya.

Misalnya, kata sifat dapat memberi tahu tentang ukuran, warna, bentuk, atau kondisi suatu objek, sehingga pembicara dan penulis memberikan gambaran lebih jelas. Dengan memperkaya kata benda dengan descriptive adjectives, komunikasi menjadi lebih jelas dan tepat, sehingga memudahkan pendengar atau pembaca memvisualisasikan dan memahami pokok bahasan.

Adverb memodifikasi kata kerja, adjective, atau kata keterangan lainnya, menambah kedalaman dan detail pada tindakan, deskripsi, atau modifikasi lainnya. Adverb sering menjawab pertanyaan seperti how, when, where, dan sejauh mana sesuatu terjadi. Misalnya, adverb dapat menjelaskan cara suatu tindakan (fast, slow).

Aturan tata bahasa berlaku ketika kamu menerapkannya dalam percakapan kehidupan nyata. Jadi, kamu harus mencoba dan mempelajari semaksimal mungkin. Dengan banyak materi yang harus dipahami dan membutuhkan latihan intensif, manfaatkan waktu luang kamu bersama ICAN English. Temukan tutor di kelas kursus Bahasa Inggris, dan belajar face-to-face agar kemampuan kamu meningkat!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel