Apa Itu Adverb Clause dalam Bahasa Inggris

Apa Itu Adverb Clause dalam Bahasa Inggris

Apa itu adverb clause adalah elemen penting tata bahasa Inggris dan dapat membantu mengekspresikan diri dengan cara lebih tepat. Adverb clause berguna untuk mengungkapkan waktu, tempat, kondisi, kontras, konsesi, tujuan, dan sebab.

Dalam penjelasan ini, kamu akan mengenal lebih banyak tentang adverb clause, memberikan contoh, mempelajari cara mengidentifikasi, dan menemukan daftar adverb clause. Sehingga, kamu dapat membantu menghindari kesalahan umum saat menggunakannya.

Pembahasan tentang Adverb Clause

Definisi adverb clause adalah sekelompok kata yang digunakan untuk memodifikasi kata kerja, kata keterangan lain, atau kata sifat. Biasanya mencakup subjek dan kata kerja, dan sering kali diawali dengan konjungsi subordinatif seperti “after”, “because”, “if”, “although”, “when”, “while”, atau “since”. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang apa itu adverb clause.

Fungsi

Adverb clause digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang sebuah kalimat. Klaus aini juga digunakan untuk membantu menambahkan penekanan, kejelasan, dan hal spesifik.

Misalnya, kalimat “We went to the school” dapat dimodifikasi dengan adverb clause agar lebih deskriptif: “We went to the school after we finished our project.” Dalam kalimat ini, adverb clause “after we finished our project” memodifikasi kata kerja “went” untuk memberikan informasi tambahan tentang kapan tindakan tersebut terjadi.

Adverb clause dapat memberikan informasi tambahan tentang adjective dan adverb. Misalnya, kalimat “We are very happy” dapat dimodifikasi dengan adverb clause agar lebih deskriptif: “We are very happy since we won the competition.” Dalam kalimat, adverb clause “since we won the competition” memodifikasi kata sifat “happy” untuk memberikan informasi tambahan mengapa subjek merasa senang.

Tips Mengidentifikasi Adverb Clause

Adverb clause dapat dikenali dengan mencari konjungsi subordinatif di awal klausa. Konjungsi subordinatif biasanya diikuti oleh subjek dan kata kerja. Berikut adalah beberapa konjungsi subordinatif yang umum:

  • After
  • Although
  • Because
  • If
  • Since
  • While

Misalnya, dalam kalimat “After I finished my meeting, I went to the library”, konjungsi subordinatif “after” diikuti oleh subjek “I” dan kata kerja “finished”, yang menunjukkan bahwa klausa tersebut merupakan adverb clause.

Adverb clause juga dapat dikenali berdasarkan fungsinya dalam sebuah kalimat. Klausa ini biasanya memberikan informasi tambahan tentang bagaimana, kapan, di mana, atau mengapa suatu tindakan terjadi. Jadi, jika sebuah klausa memberikan lebih banyak informasi tentang suatu tindakan, kemungkinan besar klausa tersebut merupakan adverb clause.

Penggunaan Adverb Clause dalam Kalimat

Adverb clause digunakan untuk memberikan informasi tambahan tentang sebuah kalimat. Menempatkan adverb clause di awal kalimat dapat membantu menambah penekanan, sedangkan menempatkannya di akhir kalimat dapat membantu menambah kejelasan.

Jika adverb clause berada sebelum klausa utama, gunakan koma setelahnya. Jika adverb clause terletak setelah klausa utama, maka klausa tersebut tidak boleh diikuti dengan koma. Misalnya, kalimat “After I finished my meeting, I went to the library” menggunakan adverb clause untuk memberikan informasi tambahan tentang tindakan tersebut.

Adverb clause (after I finished my meeting) berada di awal kalimat dan diikuti dengan koma, sehingga jelas bahwa klausa tersebut digunakan untuk memodifikasi kata kerja “went”. Namun, terlalu banyak kata akan membuat kalimat terasa membingungkan. Misalnya, “After I had completed the task of doing my meeting, I proceeded to go to the library” adalah versi yang sama, tetapi terlalu panjang.

Baca Juga: Rumus Adverb of Manner dan Cara Penggunaannya

Kesalahan Penggunaan Adverb Clause

Sekarang, kamu sudah mempelajari tentang apa itu adverb clause. Ada beberapa tips untuk menghindari kesalahan dalam penggunaan adverbial clause.

Pastikan untuk menggunakan konjungsi subordinatif yang benar. Misalnya, jika kamu mencoba menunjukkan bahwa sesuatu terjadi setelah sesuatu yang lain terjadi, gunakan kata hubung subordinatif “after”, bukan “before”.

Hindari menggunakan terlalu banyak kata keterangan dalam satu kalimat. Terlalu banyak kata keterangan dapat membuat sebuah kalimat sulit dibaca. Pastikan untuk menggunakan kata kerja yang benar. Jika klausa utama menggunakan present tense, maka klausa keterangannya juga harus dalam present tense.

Misalnya, kalimat “After I finished my meeting, I went to the library” adalah benar karena klausa utama (“I went to the library”) dan klausa keterangan (“After I finished my meeting”) berada di dalam waktu lampau atau past tense.

Ada juga klausa keterangan penting dan tidak penting untuk dipikirkan. Klausa keterangan penting jika memberikan informasi tambahan yang diperlukan agar kalimat terasa masuk akal. Klausa keterangan non-esensial memberikan informasi tambahan, namun tidak diperlukan agar kalimat menjadi masuk akal.

Mau belajar lebih mudah di rumah saja untuk mengisi waktu kosong? ICAN English menawarkan banyak kelas kursus Bahasa Inggris untuk semua kalangan. Mulai dari level pemula hingga lanjutan, kamu bisa mendapatkan pembelajaran dengan metode menyenangkan, yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan belajar kamu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel