Belajar Apa itu Phrasal Verb dan Penggunaannya dalam Bahasa Inggris

Belajar Apa itu Phrasal Verb dan Penggunaannya dalam Bahasa Inggris

Jika kamu ingin menggunakan Bahasa Inggris secara lancar dan halus, cobalah mempelajari apa itu phrasal verbs dan gunakan sebagai pengganti kata kerja normal. Penutur bahasa Inggris harus menggunakan banyak kata kerja dan kata kerja frasa dalam komunikasi sehari-hari.

Sering kali, kamu tidak menyadari telah menggunakan kata kerja tersebut. Agar lebih memahami tentang frasa kata kerja, gunakan panduan ini untuk belajar tentang makna, definisi, dan contoh phrasal verbs.

Definisi Phrasal Verbs

Apa itu phrasal verb terbentuk dari gabungan kata kerja dan kata keterangan atau preposisi. Dalam beberapa penggunaannya, phrasal verbs merupakan gabungan dari ketiga part of speech – kata kerja, kata keterangan, dan preposisi.

Meskipun masing-masing part of speech ini memiliki fungsi berbeda, ketiganya memainkan peran kata kerja ketika disatukan. Ketiga part of speech ini juga dapat bertindak sebagai frasa dan itulah sebabnya kata kerja ini disebut phrasal verb.

Kegunaan Phrasal Verbs dalam Komunikasi

Kamu mungkin telah belajar bahasa Inggris selama beberapa waktu dan menguasai bahasa tersebut dengan baik. Tetapi masih merasa bahwa kamu kurang menguasai keterampilan mendengarkan. Kamu mungkin mengenali kata-kata yang kamu dengar, tetapi kata-kata tersebut tidak masuk akal jika digabungkan dan tidak dapat memahami artinya.

Hal ini terjadi karena dalam Speaking, banyak phrasal verbs yang digunakan. Untuk memahami arti sebenarnya, kamu perlu mengetahui apa arti frasa kata kerja tersebut.

Masalah umum lainnya yang dihadapi oleh para pembelajar bahasa Inggris adalah terdengar terlalu formal dalam percakapan santai. Jika kamu ingin berbicara bahasa Inggris dengan nyaman, pelajari cara memvariasikan kosakata sesuai dengan konteksnya. Phrasal verbs merupakan ciri khas bahasa Inggris lisan, memahami dan menggunakannya dengan tepat akan sangat mempengaruhi keterampilan speaking.

Memahami arti kata kerja frasa tetapi kesulitan untuk benar-benar menggunakannya adalah masalah umum lainnya yang dialami oleh para pembelajar bahasa Inggris. Jika kamu merasa sulit menggunakan kata kerja frasa saat bercakap-cakap, kamu akan terkesan kurang lancar dan dapat mempengaruhi rasa percaya diri untuk berkomunikasi.

Baca Juga: Cara Mudah Hafalan Kata Kerja Bahasa Inggris

Cara Belajar Phrasal Verbs

Berikut adalah apa saja cara yang bisa kamu coba untuk mempelajari tentang apa itu phrasal verbs:

Partikel

Kamu dapat memahami banyak frasa kata kerja hanya dari partikelnya saja. Perhatikan contoh penggunaan phrasal verbs pada kalimat berikut untuk mempelajarinya dengan mudah:

  • Food prices are going up.
  • Deborah got over the fever after getting medical treatment.

Setelah mengetahui makna dasar dari partikel-partikel ini, akan lebih mudah memahami frasa kata kerja. Up berarti naik ke tingkat lebih tinggi, jadi dalam hal ini go up berarti meningkat; dan over berarti berpindah dari satu keadaan, tingkat, atau tahap ke tahap lainnya, jadi dalam hal ini get over an illness berarti pulih dari penyakit.

Kata kerja

Dalam banyak kasus, partikel tidak banyak berkontribusi – Fungsinya hanya mengubah makna. Jadi, terkadang kata kerjalah yang dapat membantu, seperti contoh berikut:

  • His bike broke down as he  was riding along the bridge.
  • The cat and the dog were running about in the park.

Kamu mungkin dapat menebak arti frasa kata kerja ini hanya dari kata kerjanya, sehingga fungsi partikel hanyalah tambahan saja.

Konteks

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah konteksnya. Cari tahu apa yang sedang dibicarakan dan apa topik pembicaraannya. Setelah mengetahuinya, kamu akan lebih mudah memahami makna frasa kata kerja. Berikut adalah contoh penggunaan frasa kata kerja put up dalam kalimat:

“You are arrogant! You can change your attitude or you are out of here! I have no time to put up with it anymore!”

Dalam konteks tersebut, kata put up adalah phrasal verbs yang maknanya “mentolerir”.

Tebak

Setelah mengetahui konteksnya, langkah terbaik adalah menebak arti dari setiap frasa kata kerja. Cara inilah yang dilakukan penutur asli. Bahkan, jika kamu bertanya kepada penutur asli bahasa Inggris tentang definisi frasa kata kerja, mungkin tidak semua mampu menjelaskannya, namun mereka telah menggunakan frasa kata kerja dalam percakapan dan memahami maknanya.

Baca & Dengarkan

Kamu dapat mempelajari banyak frasa kata kerja secara pasif dengan membaca dan mendengarkan bahasa Inggris. Pelajari seiring waktu setelah mendengar atau membacanya dalam konteks kalimat.

Jangan mencoba mempelajari daftar frasa kata kerja beserta definisinya. Selalu pelajari frasa kata kerja dalam konteks: dalam kalimat, dalam paragraf, atau dalam teks lengkap.

Tidak ada Aturan Penggunaan Phrasal Verbs

Cara terbaik untuk mempelajari cara menggunakan kata kerja frasa adalah dengan melihat atau mendengarnya beberapa kali. Kemudian, kamu dapat meniru cara penggunaannya saat berbicara atau menulis. Misalnya, jika kamu melihat atau mendengar frasa “I made it up” beberapa kali, kamu akan segera mulai menggunakannya sendiri. 

Saat berbicara atau menulis dalam bahasa Inggris, kamu tidak perlu menggunakan kata kerja frasa. Biasanya ada cara alternatif untuk mengungkapkan gagasan tersebut, seperti contoh berikut: 

“You made up that story, didn’t you?” = “You created that story, didn’t you?”

Baca Juga: Mengenal Kata Kerja yang Diikuti Gerund

Apa yang Terjadi Jika Tidak Paham Phrasal Verbs

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa itu phrasal verbs dan mengapa sangat penting perannya dalam komunikasi. Jika tidak memahami cara menggunakan frasa kata kerja dalam komunikasi, menyebabkan kesalahpahaman dan kebingungan. 

Tanpa pemahaman yang tepat, kamu akan kesulitan memahami nuansa percakapan, terutama dalam suasana informal di mana frasa kata kerja sering digunakan. Kurangnya pemahaman ini dapat membuat kamu sulit menanggapi dengan tepat atau mengikuti alur diskusi, sehingga situasi terasa canggung bahkan memalukan.

Mulai sekarang, tingkatkan keterampilan Bahasa Inggris yang kamu miliki agar bisa berkomunikasi dengan penuh percaya diri. Jangan batasi kemampuan berkomunikasi secara alami dalam bahasa Inggris hanya karena tidak paham dengan phrasal verbs. . Kamu bisa belajar materi ini untuk percakapan sehari-hari di kelas General English ICAN English hari ini juga!

ICAN English telah membantu banyak pelajar dari berbagai kalangan dalam meningkatkan kemampuan bahasa inggris sesuai kebutuhan personal. Kelas-kelas yang kami sediakan dilengkapi dengan kurikulum internasional, kelas interaktif, dan tutor berpengalaman sesuai bidang. Semakin sering kamu belajar bersama tutor, semakin meningkat kemampuan berkomunikasi secara formal maupun informal!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel