Belajar Apa Itu Punctuation dalam Bahasa Inggris

Belajar Apa Itu Punctuation dalam Bahasa Inggris

Salah satu bagian dari Bahasa Inggris yang tidak mudah dipelajari adalah punctuation. Apa itu punctuation adalah sekumpulan simbol yang memisahkan dan memberikan makna pada kata.

Dalam bahasa Indonesia, punctuation dikenal dengan sebutan tanda baca. Punctuation berfungsi untuk memberi tahu pada pembaca kapan harus jeda, mana tanda kutip, dan mana tanda titik. Jika kamu bisa menggunakan tanda baca ini dengan tepat, maka kamu bisa mengambil informasi atau pesan yang disampaikan oleh penulis dengan jelas.

Jenis Punctuation Bahasa Inggris dan Penggunaannya dalam Kalimat

Kamu tidak akan bisa menulis jika tidak mengetahui apa itu punctuation dan jenis-jenisnya: Berikut adalah penjelasan lebih lengkap tentang tanda baca Bahasa Inggris disertai contoh penggunaan dalam kalimat:

Jenis PunctuationFungsi/SyaratContoh pada kalimat
Titik/Periods (.)Tanda akhir kalimat.We have one paper.
Elip/Ellipse (…)Penanda pengilanganSo, we go there, and…
Koma/Comma  (,)Menandakan adanya jeda dalam suatu kalimatNo, I cannot.
Tanda petik/Apostrophe (‘)Membuat possessive nounsMenggabungkan dua kata dalam satu gabunganPossessive nouns: Rahma’s houseConstractions: Don’t tell me.
Tanda seru/Exclamation (!)Tanda peringatanTanda seruanRun!
Tanda tanya/Question marks (?)Untuk bertanyaWhy me?
Tanda pisah/Dash:Em dash ( — )En dash ( – )Pemisah kataSarah is working from 5-8.
Tanda kutip/Quotation mark (“)Menunjukkan judulMenunjukkan kata tertentu dalam kalimat
Judul: “My Cat”Kata tertentu dalam kalimat: Workers at this time are like “robot”.
Tanda kurung/Parenthesis ()Menambahkan informasi pada kalimatShe (Deborah) is coming again today.
Tanda hubung/HyphensMenggabungkan compound wordsDeborah is a great-looking teacher.

Mempelajari punctuation sangat penting karena akan mempengaruhi kelancaran tulisan. Tanda baca membantu pembaca mengetahui kapan harus berhenti sejenak, kapan harus benar-benar berhenti, dan bagaimana harus menginterpretasikan frasa.

Baca Juga: Trik Belajar Bahasa Inggris dengan Membaca

Aturan Penggunaan Punctuation

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang penggunaan punctuation yang seringkali kurang diperhatikan:

Colon dan Semicolon

Tidak selalu mudah untuk mengetahui kapan harus menggunakan colon (titik dua) dan semicolon (titik koma). Titik dua seringnya digunakan untuk situasi jika kamu ingin menyampaikan informasi, disertai dengan dua klausa berhubungan namun lebih cenderung menegaskan klausa kedua, seperti contoh berikut:

We did everything that weekend: Watching the dolphins, fishing, and diving!

Jika dalam satu kalimat terdapat dua klausa independen, kamu bisa menggunakan semicolon untuk menggabungkan keduanya dalam satu kalimat. Berikut adalah contoh penggunaan semicolon yang tepat:

Their team is the winner; however, our team is the new rising star in this tournament.

Oxford Comma

Disebut juga sebagai serial comma, adalah koma yang diletakkan berurutan dalam daftar tertentu. Biasanya, disertai dengan kata “and” di sela koma, seperti contoh berikut:

Joko has a plan to go to Surabaya, Malang, Jakarta, Semarang, and Yogyakarta this month.

Penggunaan koma pada contoh di atas merupakan Oxford comma. Beberapa panduan penulisan seperti Chicago Manual of Style mengharuskan penggunaan Oxford Comma. Tetapi, jika kamu menggunakan gaya penulisan Associated Press Stylebook, Oxford Comma tidak diperlukan. Jadi, tidak ada aturan ketat tentang keharusan menggunakan Oxford Comma. Tulisan yang tidak menerapkan tanda baca ini, dianggap tidak salah.

Fungsi Oxford Comma hanya membuat daftar apapun yang kamu sebut tampak lebih jelas. Hal ini karena tanda baca tersebut mampu meminimalisir kemungkinan miskomunikasi yang dialami oleh pembaca ketika membaca dua poin terakhir dalam daftar tersebut.

Single dan Double Quotes

Dalam gaya penulisan American English, kamu dapat menggunakan double quotes, kecuali jika kamu sedang menulis sebuah kutipan dalam kutipan seperti contoh berikut:

“I bought it from the seller and the woman said ‘It’ll be $40 just for the tax..’ Seriously?” Deborah asked.

Dalam penulisan British English, penggunaan single quotes biasanya paling banyak digunakan. Jadi, kamu bisa menentukan mana pedoman yang akan kamu gunakan.

Periods dan Quotation Marks

Dalam penulisan gaya American English, titik selalu masuk ke dalam tanda kutip, sama seperti penggunaan koma. Namun, tidak semua tanda baca bisa masuk dalam tanda kutip. Tanda pisah, titik koma, dan titik dua biasanya terletak di luar tanda kutip, kecuali jika memang sudah menjadi bagian dalam kutipan. Tanda seru dan tanda tanya bisa muncul di dalam dan di luar tanda kutip. 

Agar lebih mudah memahami penggunaan tanda baca dalam tanda kutipan, berikut adalah contoh yang harus kamu perhatikan:

“How much is it?” Deborah asked the seller.

“I want the most expensive steak here, not this “soy-based” version!

Jadi, jika ada titik, atau tanda baca lainnya yang merupakan bagian dari kalimat atau klausa dalam kutipan, maka harus dicantumkan.

Baca Juga: Panduan Belajar Writing Bahasa Inggris

Cara Belajar Punctuation dengan Benar

Sekarang, kamu sudah mendapatkan penjelasan lengkap tentang apa itu punctuation hingga aturan penggunaannya. Lantas, bagaimana kamu bisa tahu bahwa kamu telah menggunakan tanda baca dalam Bahasa Inggris dengan tepat?

Salah satu cara agar kamu bisa meningkatkan kemampuan mendeteksi kesalahan dalam penggunaan tanda baca adalah dengan teknik reading aloud. Aplikasikan teknik ini pada hasil tulisan yang kamu buat. Apakah sudah enak di dengar? Jika belum, tandanya terdapat kesalahan dalam tanda baca.

Percaya pada telinga sendiri tentu tidak cukup untuk mencari tahu kesalahan penggunaan grammar, termasuk punctuation. Pastikan kamu memiliki tempat yang tepat untuk membantu mengenali apa saja yang harus kamu tingkatkan dalam penulisan dan aturan tata bahasa.

ICAN English memberikan kemudahan bagi siapapun untuk belajar Bahasa Inggris dari nol. Banyak program yang tersedia untuk mendukung semua kalangan.

Kamu bisa memilih kelas-kelas yang tersedia, seperti General English hingga kelas yang lebih spesifik seperti IELTS Preparation Program jika kamu ingin belajar punctuation agar bisa mendapatkan nilai tinggi dalam IELTS Writing. Dengan pembelajaran intensif dan interaktif, proses belajar akan lebih cepat daripada belajar mandiri di rumah!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel