Struktur Bare Infinitives dan Penggunaannya

Struktur Bare Infinitives dan Penggunaannya

Bare infinitives adalah jenis bentuk kata kerja yang terdiri dari bentuk base verb (kata kerja dasar) tanpa kata ‘to’ di depannya. Jenis infinitive ini berbeda dengan ‘to-infinitive’ yang selalu didahului oleh partikel ‘to’.

Penggunaan bare infinitive adalah sebagai kata kerja utama dalam kalimat imperatif, setelah kata kerja atau kata kerja bantu modal tertentu, dalam ekspresi idiomatik tertentu, dan dalam konstruksi kata kerja tertentu. Gunakan panduan berikut agar kamu bisa mempelajari lebih jelas tentang fungsinya.

Struktur dan Penggunaan Bare Infinitives

Bare infinitives digunakan dalam banyak hal, beberapa diantaranya adalah berikut:

Setelah Modal Verbs

Kamu bisa menggunakan bare infinitive setelah menggunakan modal verbs, sebagaimana contoh berikut:

Budi will call us soon.

  • Our teachers should consider it.

Dengan Why

Setelah kalimat tanya (interrogative words) “why”, kamu bisa menggunakan bare infinitive. Fungsinya adalah untuk memberikan saran, seperti contoh berikut:

  • Why sit here? You can wait and then sit inside our house.
  • Why go outside when we can make an order online?

Dengan Causative, Permission, and Perception Verbs

Gunakan bare infinitive setelah perception verbs dengan objek langsung. Setelah causative atau permission verbs, kamu bisa menggunakan bare infinitive, seperti contoh berikut:

  • Budi made her cry.
  • Oh God, let it rain.

Beberapa contoh perception verbs adalah: see, notice, observe, feel, hear, dan watch. Sedangkan beberapa contoh causative verbs adalah: force, make, get, obligate, dan have. Untuk permission verbs yang paling sering digunakan yaitu: allow, permit, dan let.

Dengan Would Rather dan Had Better

Ekspresi “had better” dan “would better” biasanya diikuti dengan bare infinitive, seperti contoh berikut:

  • Budi would rather stay over for three days.
  • We had better take the umbrella with us.

Dengan Preposisi

Beberapa preposisi dapat diikuti dengan bare infinitive. Contoh preposisi tersebut adalah menggunakan kata “except”, “but”, dan “than”, seperti berikut:

  • I spoke nothing but cry when she cried.
  • We had nothing left to do except wait for the miracle to come.

Dengan Coordinating Conjunctions

Ketika dua klausa yang mengandung to-infinitives, dan klausa kedua mengandung coordinating conjunctions seperti “and”, dapat diikuti bare infinitive. Berikut adalah contoh penggunaannya:

  • We like to invite your family and show you our new restaurant.
  • You need to clean up and use another towel there.

Singkatnya, bare infinitive memainkan peran penting dalam tata bahasa Inggris. Penggunaannya sering muncul setelah kata kerja modal, dalam perintah, dan dengan kata kerja tertentu yang tidak memerlukan “to.” Mengenali kapan harus menggunakan jenis infinitive ini membantu dalam menyusun kalimat yang benar secara tata bahasa.

Baca Juga: Tips Belajar Gerund dan Infinitive Bahasa Inggris

Kapan Harus Menggunakan Bare Infinitives

Salah satu penggunaan kata kerja infinitif yang paling umum adalah setelah kata kerja modal seperti can, could, may, might, must, shall, should, will, dan would. Kata kerja bantu ini membantu mengekspresikan keharusan, kemungkinan, izin, dan modalitas lainnya, dan kata kerja ini selalu diikuti oleh kata kerja infinitif.

Penggunaan kata kerja infinitif yang signifikan lainnya adalah setelah kata kerja tertentu yang melibatkan persepsi, sebab akibat, atau izin. Kata kerja seperti “see,” “hear,” “make,” “let,” dan “help” biasanya diikuti oleh kata kerja infinitif. Misalnya, dalam kalimat seperti “I heard him sing,” “She made him cry,” dan “Let him go,” kata kerja “sing,” “cry,” dan “go” adalah kata kerja tak berawal yang mengikuti kata kerja “heard,” “made,” dan “let.” 

Selain itu, bare infinitives digunakan dalam pertanyaan dan kalimat negatif yang dibentuk dengan kata kerja bantu “do,” serta dalam perintah dan saran. Saat membentuk pertanyaan atau pernyataan negatif, “do” diikuti oleh kata kerja tak berawal, seperti dalam “Do you know her?” dan “I don’t understand.” Struktur ini membantu menjaga kesederhanaan dan kejelasan kalimat.

Mau lebih jago menggunakan bare infinitive, atau aturan tata bahasa Inggris lainnya dengan lebih tepat? Buat keterampilan berbahasa Inggris kamu jadi naik kelas! Kamu bisa berkomunikasi dengan lebih percaya diri jika memiliki keterampilan grammar yang meningkat. Cara terbaik agar kamu bisa meningkatkan keterampilan grammar tersebut adalah dengan gabung di kelas ICAN English! Pastikan kamu meluangkan waktu untuk mengikuti kelas intensif kami bersama tutor profesional! Dapatkan pengalaman berharga dan belajar lebih banyak strategi agar kamu bisa speaking like a pro!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel