Berapa Lama Belajar Bahasa Inggris? Ini Tips Efektifnya!

Berapa Lama Belajar Bahasa Inggris? Ini Tips Efektifnya!

Berapa lama belajar bahasa inggris agar bisa fasih? Ini adalah salah satu pertanyaan paling umum yang terlintas di benak setiap pelajar bahasa Inggris ketika hendak memulai atau mencoba mempelajarinya. Pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan wajar, karena setiap tujuan harus dapat dicapai dalam tenggat waktu tertentu.

Mempelajari bahasa baru adalah proses yang menakutkan. Pertama, kamu harus menerima bahwa mustahil untuk bisa fasih dalam semalam, jadi kamu harus mendedikasikan ratusan jam untuk belajar suatu bahasa. Rata-rata waktu untuk mempelajari suatu bahasa akan berbeda untuk setiap kasus dan setiap bahasa.

Misalnya, ketika memilih antara belajar bahasa Inggris dan Spanyol, dengan kondisi kamu sudah tahu bahasa Italia. Dengan kondisi tersebut, kamu akan belajar bahasa Spanyol lebih cepat daripada bahasa Inggris. Alasannya adalah bahasa Italia dan Spanyol berasal dari rumpun bahasa yang sama, sehingga keduanya memiliki banyak struktur tata bahasa dan kosa kata yang sama.

Tips Belajar Bahasa Inggris Efektif

Jawaban atas pertanyaan “Berapa lama biasanya waktu yang dibutuhkan untuk belajar suatu bahasa?” ratusan jam. Namun, apakah 100 atau 1000 jam bergantung pada level saat ini, bahasa yang kamu gunakan, dedikasi, dan konsistensi dalam belajar. Beberapa tips berikut membantu berkonsentrasi pada pembelajaran bahasa dan mempersingkat waktu rata-rata untuk mempelajari suatu bahasa:

Buat Tujuan Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Perencanaan ini akan membantu kamu untuk tetap termotivasi dan menentukan apa yang perlu kamu pelajari terlebih dahulu. Selain itu, membuat tujuan jangka pendek dan jangka panjang membuat proses belajar kamu memiliki tenggat waktu yang realistis.

Baca juga:
Tips Cepat Belajar Bahasa Inggris

Temukan Mentor

Mempelajari bahasa akan kurang efektif jika hanya berdasarkan pengalaman pribadi tanpa adanya panduan profesional. Ada hal-hal tertentu yang harus diketahui pelajar pada setiap tingkat kemahiran berbahasa, dan semua itu dapat dibagikan oleh seorang tutor. Selama proses belajar mandiri, kamu juga pasti menemukan kesulitan bahasa, seperti penggunaan grammar.

Cari Tahu Level Bahasa Inggris Saat Ini

Tidak semua orang memulai belajar Bahasa Inggris di level yang sama. Beberapa orang cenderung berhenti sejenak dan kembali lagi setelah berbulan-bulan atau bertahun-tahun tidak berlatih. Jadi, jika kamu menguasai suatu bahasa pada tingkat menengah setahun yang lalu, kamu memerlukan waktu untuk mengingat apa yang telah kamu pelajari sebelumnya dan melatih keterampilan tersebut lagi.

Baca Juga:
Cara Memulai Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Berapa Lama Rata-Rata Untuk Belajar Bahasa Inggris

Kamu telah mengetahui seberapa cepat seseorang dapat belajar suatu bahasa secara umum. Jadi, berapa lama harus belajar Bahasa Inggris agar bisa fasih? Ahli bahasa tidak memperkirakannya dalam hitungan bulan atau tahun. Memprediksi berapa lama waktu yang dibutuhkan seseorang untuk mencapai kemahiran berbahasa Inggris dalam hitungan jam justru lebih akurat.

Seorang penutur asli yang berpendidikan memiliki kosakata sekitar 20.000 kelompok kata. 5.000 di antaranya diperoleh pada usia 5 tahun, menurut buku “How to teaching kosakata” oleh Scott Thornbury. Mayoritas pembelajar bahasa dewasa tidak akan menguasai 5.000 kata setelah beberapa tahun belajar.

Menurut Common European Framework of Reference (CEFR), dibutuhkan sekitar 200 jam pembelajaran terpandu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris satu tingkat. Secara umum, korelasi antara jam bimbingan yang kamu habiskan untuk belajar bahasa Inggris dan tingkat bahasa Inggris yang dapat kamu peroleh sebagaimana berikut:

  • Level Beginner (A0) ke Elementary (A1):  90-100 jam
  • Level Elementary (A1) ke Pre-Intermediate (A2): 90-100 jam
  • Level Pre-Intermediate (A2) ke Intermediate (B1): 170-200 jam
  • Level Intermediate (B1) ke Upper-Intermediate (B2): 150-200 jam
  • Level Upper-Intermediate (B2) ke Advanced (C1): 200 jam
  • Level Advanced (C1) ke Proficiency (C2): 300-500 jam

Semakin tinggi levelnya, semakin banyak jam yang kamu perlukan untuk mencapai level berikutnya. Hal ini karena ada persyaratan khusus berdasarkan keterampilan yang harus dipenuhi setelah ratusan jam belajar di setiap level bahasa Inggris.

Meskipun bahasa Inggris bukanlah bahasa paling sulit, kamu memerlukan 1000-1200 jam pembelajaran terpandu untuk menjadi fasih mulai dari nol. Mencapai tingkat Proficiency (C2) adalah proses paling menantang dan memakan waktu. Tidak semua orang ingin mahir berbahasa Inggris sepenuhnya karena hal ini tampaknya mustahil, bahkan bagi penutur asli sekalipun.

Baca Juga:
Tips and Trik Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

Berapa Lama Belajar Bahasa Inggris Bersama ICAN English

Ada sejumlah faktor yang mempengaruhi berapa lama belajar Bahasa Inggris. Contohnya, latar belakang pembelajaran bahasa siswa dan intensitas belajar individu adalah beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan belajar.

Bahkan untuk seorang penutur asli bahasa Inggris juga harus memperluas kosakatanya dengan menghafal kata-kata baru. Hal ini karena Bahasa Inggris yang berkembang dan berubah, beradaptasi dengan kehidupan masyarakat. Menurut Kamus Merriam-Webster, ada lebih dari satu juta kata dalam bahasa Inggris.

Kamu mungkin akan menemukan kata baru yang relatif jarang digunakan, bahkan setelah menghabiskan waktu lebih dari 1200 jam mengikuti pembelajaran terpandu. Itulah sebabnya pembelajar bahasa Inggris dianggap sebagai life-long learners, karena untuk menguasai Bahasa Inggris dibutuhkan waktu seumur hidup.

Dapatkan pengalaman belajar bahasa Inggris terbaik dengan membenamkan diri dalam bahasa Inggris sesering mungkin. DI ICAN English, program kursus Bahasa Inggris dirancang dengan banyak sumber belajar, seperti: Metode flash card, belajar dari video tentang kosa kata dan grammar, kegiatan berbicara, hingga belajar sambil bermain. Kamu jadi lebih jago berbahasa Inggris untuk berkomunikasi.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel