Cara Baca Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Cara Baca Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Salah satu keterampilan dasar yang meningkatkan komunikasi dan pemahaman efektif dalam berbagai konteks adalah cara baca tanggal dalam bahasa inggris. Kamu bisa menggunakannya untuk mengisi dokumen resmi, menjadwalkan janji temu, atau merayakan ulang tahun.

Kemampuan membaca dan mengartikulasikan tanggal secara akurat memastikan kejelasan dan mencegah kesalahpahaman. Bahasa Inggris menggunakan format tanggal yang berbeda, termasuk format Amerika (MM/DD/YYYY), British (DD/MM/YYYY), dan format ISO internasional (YYYY-MM-DD).

Cara Baca Tanggal Format Amerika (MM/DD/YYYY)

Dalam format tanggal Amerika, tanggal ditulis berdasarkan urutan bulan, hari, dan tahun. Format ini lazim di Amerika Serikat dan umum digunakan dalam berbagai dokumen, formulir, dan komunikasi sehari-hari. Berikut contoh format tanggal Amerika dan cara pengucapannya.

  • 15/01/1995: January fifteenth, nineteen ninety-five.
  • 07/04/1776: July fourth, seventeen seventy-six.
  • 25/12/2000: December twenty-fifth, two thousand.

Untuk tahun sebelum tahun 2000, bagi tahun menjadi dua bagian (misalnya, 1985 adalah “nineteen eighty-five”). Untuk tahun 2000 dan seterusnya, sebutkan tahun sebagai bilangan bulat (misalnya, 2015 adalah “twenty fifteen” atau “two thousand fifteen”).

British Date Format

Dalam format British, hari muncul sebelum bulan, diikuti tahun. Misalnya tanggal yang ditulis 25/12/1990 berarti twenty-fifth day of December in the year nineteen ninety. Berikut beberapa contoh penulisan dan cara bacanya:

  • 15/03/1987: The fifteenth of March, nineteen eighty-seven.
  • 02/10/2005: The second of October, two thousand five.
  • 21/07/1998: The twenty-first of July, nineteen ninety-eight.
  • 09/05/1974: The ninth of May, nineteen seventy-four.
  • 18/11/2008: The eighteenth of November, two thousand eight.

Format ini umumnya digunakan di negara-negara berbahasa Inggris British dan mengikuti urutan hari-bulan-tahun. Penting untuk memperhatikan perbedaan format ketika berkomunikasi secara internasional untuk menghindari kebingungan.

ISO International Format

Format tanggal internasional ISO, juga dikenal sebagai format YYYY-MM-DD, banyak digunakan dalam konteks global, khususnya dalam dokumen resmi, komunikasi internasional, dan sistem komputer. Dalam format ini, tahun didahulukan, diikuti bulan, lalu hari.

Misalnya, tanggal 15 Juni 2023 akan ditulis “15-06-2023”. Saat mengucapkan format tanggal ini, Anda akan mengucapkan “dua puluh dua puluh tiga” untuk tahunnya, diikuti dengan nama bulan (“Juni” dalam kasus ini), dan kemudian hari (“kelima belas”). Berikut beberapa contoh tanggal dalam format ISO dan cara pengucapannya:

  • 2024-05-24 – “Twenty twenty-four, May twenty-fourth.”
  • 2023-12-31 – “Twenty twenty-three, December thirty-first.”
  • 2025-09-10 – “Twenty twenty-five, September tenth.”
  • 2022-03-05 – “Twenty twenty-two, March fifth.”
  • 2026-11-02 – “Twenty twenty-six, November second.”

Mempelajari cara membaca tanggal akan sangat penting, terutama jika kamu sering menulis dan membaca format tanggal untuk keperluan akademik maupun pekerjaan.

Baca Juga: Belajar Penyebutan Tanggal Dalam Bahasa Inggris

Pentingnya Tahu Cara Baca Tanggal

Sekarang, kamu sudah mengetahui tentang bagaimana cara baca tanggal dalam bahasa inggris. Memahami format tanggal ISO sangat penting untuk komunikasi internasional, penyimpanan data, dan memastikan kejelasan atau keakuratan dalam informasi tertulis dan lisan.

Dengan memahami dan mempraktikkan cara membaca tanggal dalam setiap format, kamu dapat memastikan komunikasi yang jelas untuk kebutuhan pribadi maupun tuntutan profesional. Kemanapun kamu pergi, ketika harus menyebutkan tanggal berapa hari ini, atau tanggal suatu kejadian dan rencana, kamu sudah memahami cara bacanya.

Mau belajar banyak materi lainnya dengan mudah? ICAN English solusinya! Dapatkan pengalaman kursus Bahasa Inggris terbaik untuk meningkatkan skill komunikasi, lisan dan tertulis dari level beginner hingga advanced! Kelas-kelas intensif didukung materi pembelajaran yang dipersonalisasi akan membantu agar kamu bisa memahami semua materi dengan lebih mudah! Kamu juga bisa bebas bertanya banyak hal ke tutor.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel