Cara Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris

Cara Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris

Mengetahui bagaimana cara belajar kosa kata bahasa inggris sangatlah penting. Penguasaan hingga 2.000 kata membuat kamu bisa memahami hingga 80% bahasa Inggris.

Setelah mempelajari 2.000 kata, kamu bisa belajar lagi, sebanyak 1.000 kosa kata baru. Sehingga, kamu bisa memahami 3-4% lebih banyak teks berbahasa asing.

Cara Mempelajari Kosa Kata Bahasa Inggris

Berikut adalah cara belajar kosa kata bahasa inggris yang sederhana dan efektif:

Gunakan Kamus Digital

Keuntungan mengunduh aplikasi kamus offline di smartphone adalah karena mudah digunakan dan selalu tersedia. Kamu tidak memerlukan internet untuk menggunakannya. Gunakan kamus untuk belajar satu kosa kata baru setiap hari. Pelajari kata tersebut, mulai dari sinonim dan antonimnya. Satu kata sehari dapat mengajarkan banyak kata lainnya.

Pelajari Detail Kata-kata

Setiap kali kamu menemukan sebuah kata, jangan pernah mengabaikan detailnya. Mempelajari asal kata, sinonim, antonimnya, idiom kata, dan semua detail mengenai satu kata tersebut akan mengajarkan kamu tentang kata tersebut secara keseluruhan.

Perbanyak Membaca

Untuk menyempurnakan pemahaman suatu bahasa, kamu harus membaca secara rutin. Baca cerita yang ditulis dalam bahasa Inggris. Mulailah dari artikel dan cerita sederhana seperti buku anak-anak, kemudian beralih ke novel dan surat kabar. Membaca memperkenalkan kamu pada kata-kata baru. Jadi, gunakan waktu luang untuk membaca, dan pelajari tentang kata baru yang telah kamu temukan.

Membuat catatan

Kata apa pun yang kamu pelajari setiap hari, selanjutnya dapat ditulis di buku harian khusus. Buku ini merupakan jurnal yang berguna untuk menunjukkan hasil belajar setiap harinya. Dengan membuat jurnal, kamu akan menulis dan menanamkan kosa kata Bahasa inggris baru ke dalam ingatan.

Dengarkan Audiobook

Audiobook berbahasa Inggris tersedia di YouTube dan aplikasi lain seperti Audibooks atau Castbox. Kamu bisa mendengarkan audio novel dan puisi dalam bahasa Inggris. Cara ini tidak hanya membuat kamu belajar kata-kata baru, tetapi juga pengucapannya.

Tonton Film/Acara/Dokumenter Berbahasa Inggris

Beberapa orang yang lebih suka belajar dengan menonton sesuatu. Jadi kamu bisa menonton video berbahasa Inggris. Tonton program realitas, karena biasanya tidak disertai dengan subtitle atau naskah. Acara dan film bernaskah juga merupakan cara baik untuk mempelajari kata-kata formal.

Berkomunikasi dalam Bahasa Inggris

Tidak ada metode lain yang bisa mengajarkan Bahasa Inggris lebih baik selain dengan praktik langsung, yaitu percakapan. Buku dan video bersifat sepihak. Tetapi, belajar percakapan dengan orang yang lebih fasih berbahasa Inggris atau penutur asli dapat membantu kamu mempelajari bahasa dengan cepat.

Cara ini juga mengajarkan semua kata-kata bahasa Inggris sehari-hari yang umum digunakan. Manfaatkan video chatting online agar kamu bisa berkomunikasi langsung dengan menambah banyak pengetahuan kosa kata. Dapatkan teman-teman berpengetahuan luas dalam bahasa Inggris.

Belajar Kosakata dari Permainan

Ada beberapa permainan kata yang tersedia. Scrabble, misalnya, adalah permainan menyenangkan dan informatif. Permainan kata juga tersedia dismartphone, seperti game scrabble virtual. Di Internet, kamu juga bisa bermain teka-teki silang berbahasa Inggris.

Baca Juga:
Berapa Lama Belajar Bahasa Inggris? Ini Tips Efektifnya!
Kosakata Bahasa Inggris yang Jarang Diketahui

Belajar Kosa kata Bahasa Inggris di Tempat Kursus

Kosakata biasanya dianggap sebagai salah satu bagian pembelajaran Bahasa paling sederhana, lebih mudah dipahami daripada grammar. Tetapi, anggapan tersebut tidak tepat jika belajar kosa kata hanya sekedar menghafal saja. Kamu harus menggunakan kata-kata baru tersebut untuk berkomunikasi.

Mempelajari kosakata membutuhkan kesabaran. Namun, kamu dapat mempercepat prosesnya jika menggunakan pendekatan metodis dan ilmiah. Jangan hanya meneliti daftar kata dan mencoba menghafalnya. Kamu bisa fokus mempelajari kata-kata baru melalui penggunaan.

Banyak penyedia kursus yang menawarkan cara belajar kosa kata Bahasa Inggris dengan metode menyenangkan. Misalnya, di ICAN English kamu bisa belajar kosa kata dari kuis, baik di kelas offline ataupun online. Saat menyelesaikan tantangan kuis tersebut, pasti ada satu atau dua kata mungkin tersimpan di kepala. Gunakan saat menulis atau berbicara bahasa Inggris.

ICAN English juga menawarkan program kursus ekstensif dan sederhana seperti General English atau Business English. Kedua program kursus tersebut melatih siswa sesuai dengan level (pemula, menengah dan lanjutan) dengan berbagai macam materi yang dirancang berdasarkan kurikulum terbaru. Keberadaan teacher yang suportif juga memudahkan proses belajar

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel