Cara Membuat Kalimat Tanya Bahasa Inggris

Cara Membuat Kalimat Tanya Bahasa Inggris

Jika sedang belajar bahasa Inggris, kamu mungkin merasa bingung dengan berbagai jenis kalimat. Salah satunya adalah kalimat interogatif atau kalimat tanya. Selain mempelajari tentang apa itu interrogative sentence, kamu juga akan belajar cara membuat kalimat tanya Bahasa Inggris.

Kalimat tanya membantu kamu mengajukan pertanyaan. Berbeda dengan kalimat deklaratif yang bersifat menyatakan atau menyatakan pendapat.

Belajar Membuat Interrogative Sentences Bahasa Inggris

Kalimat tanya biasanya diawali dengan kata kerja, dan subjeknya muncul setelah kata kerja. Misalnya, “Do you like fishing?” merupakan kalimat interogatif karena menanyakan pertanyaan. Sebaliknya, “I like fishing” merupakan kalimat deklaratif karena merupakan pernyataan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang cara membuat kalimat tanya bahasa inggris.

Jenis-jenis Kalimat Tanya

Ada tiga jenis kalimat interogatif: yes/no questions, wh- questions, and tag questions. Ketiga jenis tersebut mempunyai ciri khas masing-masing.

yes/no questions, adalah jenis kalimat interogatif yang paling umum. Disebut yes/no questions, karena dijawab dengan “yes” atau “no”. Pertanyaan-pertanyaan ini biasanya dimulai dengan kata kerja bantu atau kata kerja “to be”. Misalnya, “Are you tired?” dan “Do they want to go to the library?” adalah yes/no questions.

Wh- questions adalah pertanyaan yang diawali dengan kata “who”, “what”, “where”, “why”, “when”, atau “how”. Wh- questions digunakan untuk menanyakan informasi lebih lanjut tentang sesuatu. Misalnya, “What is your favorite season?” dan “Where is your?” adalah wh- questions.

Tag questions adalah pertanyaan yang ditambahkan di akhir pernyataan. Jenis kalimat tanya ini digunakan untuk mengkonfirmasi atau mengklarifikasi informasi. Misalnya, “Do you like cucumber, don’t you?” dan “He is a scientist, isn’t he?” adalah tag questions.

Cara Membentuk Kalimat Tanya

Untuk membentuk kalimat tanya, posisi subjek dan kata kerja bantu harus dibalik. Jika tidak ada kata kerja bantu, kamu dapat menambahkannya. Misalnya, untuk mengubah kalimat deklaratif “They like cucumber” menjadi kalimat interogatif, kamu bisa mengatakan “Do they like cucumber?”

Berikut beberapa contoh lainnya:

  • Declarative: Ratih is going to the library.
  • Interrogative: Is she going to the library?
  • Declarative: They have a monkey.
  • Interrogative: Do they have a monkey?
  • Declarative: I am sleepy.
  • Interrogative: Are you sleepy?

Baca Juga: Rumus Kalimat Tanya Simple Present Tense

Kesalahan Umum Belajar Kalimat Tanya

Sekarang, kamu sudah mengetahui cara membuat kalimat tanya bahasa inggris. Terdapat kesalahan umum yang harus kamu hindari dalam membuat interrogative sentence, yaitu:

  • Lupa membalikkan subjek dan kata kerja bantu
  • Menggunakan kata kerja bantu yang salah
  • Lupa menambahkan kata kerja bantu padahal tidak ada kata kerja bantu dalam kalimat deklaratif

Belajar kalimat tanya dalam Bahasa Inggris sangat penting untuk membantu mengajukan pertanyaan dan mengumpulkan informasi. Ada tiga jenis kalimat interogatif: pertanyaan ya/tidak, pertanyaan wh, dan tag pertanyaan. Untuk membuat kalimat tanya, posisi subjek dan kata kerja bantu harus dibalik.

Gunakan penjelasan di atas sebagai pedoman untuk menerapkan kemampuan bertanya dalam Bahasa Inggris. Kapan saja kamu ingin mengajukan suatu pertanyaan, cobalah melatih diri dengan membuat kalimat tanya yang benar.

Jika kamu sudah berusaha belajar secara mandiri di rumah dan belum ada peningkatan signifikan dalam berbahasa Inggris, belajar di ICAN English! Kamu pasti membutuhkan bantuan tutor yang mendampingi proses belajar. Tutor kursus Bahasa Inggris kami juga akan menyediakan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan cara kamu belajar. Sehingga, materi-materi yang disampaikan akan lebih mudah kamu pahami.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel