Kata Dasar Bahasa Inggris – Root Word dan Base Word

Kata Dasar Bahasa Inggris – Root Word dan Base Word

Root word dan base word adalah kata dasar Bahasa Inggris. Base word adalah kata yang tidak mengandung awalan dan akhiran. Sedangkan root word adalah kata yang dapat ditambahkan awalan dan akhiran untuk membentuk kata baru.

Mengenal Root Word dan Base Word

Root word dan base word juga tidak menggunakan pronunciation yang sama. Roo word dilafalkan secara independen, dan pronunciation tidak diubah ketika dikombinasikan dengan kata lain. Base word justru merubah pronunciation ketika dikombinasikan dengn prefix dan suffix.

Root Word

Root word adalah kata yang berasal dari bahasa Latin atau Yunani tetapi tidak berfungsi sendiri-sendiri dalam bahasa Inggris modern. Contoh, pada kata Bahasa Inggris, “unhappiness” adalah akar kata, dan awalan ‘un-‘ merubah makna untuk menunjukkan tidak adanya kebahagiaan.

Ahli bahasa mempelajari root word untuk memahami asal usul dan arti kata dalam berbagai bahasa. Memahami root word istilah medis dapat membantu profesional kesehatan menguraikan terminologi yang rumit.

Base Word

Base word atau kata bahasa Inggris yang independen, yang juga dapat membentuk kata lain dengan menggunakan prefiks dan sufiks. Contoh, kata Bahasa Inggris ‘hopeless’, ‘hope’ adalah kata dasarnya, dan akhiran ‘-less’ ditambahkan untuk menunjukkan tidak adanya harapan.

Anak kecil sering kali mulai belajar membaca dan mengeja dengan mengenali dan menggunakan base word dan imbuhannya. Kata dasar “act” dalam “action” dapat dimodifikasi dengan berbagai awalan dan akhiran untuk menghasilkan kata terkait seperti “react” atau “interaction”.

Baca Juga: Belajar Penggunaan Kalimat Dasar Bahasa Inggris 

Kapan Penggunaan Root Word dan Base Word

Root word sebagai kata dasar Bahasa Inggris biasanya terdiri dari tiga huruf paling sedikit. Root word adalah bentuk dasar suatu kata yang bisa kamu kombinasikan dengn prefix dan suffix untuk membentuk kata-kata lain. Kata dasar ini digunakan untuk menghasilkan kata-kata baru dan memberikan kata-kata dengan makna berbeda.

Base word adalah bentuk kata yang paling sendiri, dari prefix dan suffix yang bisa ditambahkan untuk membuat kata-kata lain. Penggunaannya merujuk pada kata yang sudah ada, dan tidak digunakan untuk menghasilkan kata-kata baru. Atau, bisa juga diartikan sebagai bentuk compound word sederhana, seperti hand-held, yang merupakan kombinasi antara hand dan held.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan banyak orang ketika menggunakan root word dan base word adalah penggunaan yang terbalik. Kesalahan lainnya yaitu menggunakan pronunciation yang berbeda ketika mengkombinasikn kata-kata, padahal hanya base word yang merubah pronunciation ketika dikombinasikan dengan kata lain.

Belajar Bahasa Inggris terkadang membingungkan, karena adanya banyak materi yang terkesan mirip, termasuk kata-kata membingungkan dan aturan yang tidak selalu sama, karena pengecualian. Sama halnya ketika kamu belajar root word dan base word sebagai kata dasar untuk penggunaan Bahasa Inggris.

Permudah semua proses belajar kamu dalam keterampilan Bahasa Inggris di ICAN English! Gunakan program yang tepat sesuai tujuan belajar personal maupun profesional. Untuk memberikan fasilitas terbaik, kami menyediakan guru yang berpengalaman lengkap dengan kurikulum pembelajaran interaktif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel