Kosa Kata Bahasa Inggris dan Cara Bacanya yang Berbeda

Kosa Kata Bahasa Inggris dan Cara Bacanya yang Berbeda

Sebagai pelajar bahasa Inggris, pernahkah kamu bepergian ke negara berbahasa Inggris dan merasa bingung dengan aksen maupun kosa kata lokalnya? Atau, mungkin kamu pernah menonton film, lalu mendengar kosa kata bahasa inggris dan cara bacanya yang diucapkan berbeda dari apa yang kamu peroleh saat belajar bahasa Inggris. Semua itu bukan berarti kamu salah dalam belajar pronunciation.

Dalam bahasa Inggris, istilah yang sama dapat diucapkan dengan cara berbeda. Terkadang, sebuah kata bahkan memiliki arti berbeda berdasarkan pengucapan yang berbeda. Contoh, kosa kata “live”, dilafalkan dengan bunyi vokal “i” jika mengacu pada kata kerja “to live”. Tetapi, kosa kata ini akan dibaca dengan diftong “ai” jika konteksnya adalah sesuatu yang sedang disiarkan langsung.

Daftar Kosa Kata Bahasa Inggris dan Pronunciationnya

Ada beberapa kosa kata bahasa inggris dan cara bacanya bisa berubah karena variasi regional, walaupun kosa katanya masih bermakna sama. Berikut adalah 10 kosa kata umum dan pronunciation yang berbeda. Kosa kata ini juga sering salah diucapkan pembelajar karena membingungkan.

Tomato

Banyak kata dalam bahasa Inggris yang memiliki dua pengucapan, contohnya “tomato”.

Meskipun pengucapan yang disukai di Amerika Serikat adalah dengan diftong “ei” pada suku kata kedua dan mengucapkan “tuh-MAY-toe”, orang-orang dari Inggris biasanya mengucapkan kata tersebut sebagai “tuh-MAH-toe”.

Data

Kata yang mengacu pada informasi atau fakta ini dapat diucapkan “DAY-tuh” atau “DAH-tuh”, dengan variasi pada suku kata pertama. Pengucapan pertama lebih umum di Amerika Serikat. Sedangkan pengucapan kedua lebih umum di Inggris. Semuanya tergantung dari mana pembicara berasal.

Baca Juga: Kumpulan Kosakata Bahasa Inggris Terpopuler

Vase

“Vase” adalah kata pinjaman dalam bahasa Perancis yang mengacu pada wadah yang digunakan untuk menyimpan bunga atau benda dekoratif. Kata dengan satu suku kata ini bisa diucapkan “VAYS” (Bahasa Inggris Amerika) atau “VAAZ” (Bahasa Inggris British).

Interesting

Kata sifat ini tidak mengubah pengucapannya karena diftong, seperti yang terjadi pada contoh sebelumnya. Sebaliknya, dapat diucapkan “in-teREST-ing” (Bahasa Inggris Amerika) atau “in-TRI-sting” (Bahasa Inggris UK).

Aunt

Variasi yang terjadi pada kata ini berkaitan dengan jenis bunyi “a”. Meskipun orang Amerika cenderung mengucapkannya sebagai “ANT”, dengan bunyi yang sama seperti pada kata “cat”, orang Inggris akan mengucapkan “AHNT” (yang bunyinya seperti “a” yang digunakan dalam kata “car”).

Route

Kamu dapat mengucapkan kata “route” sebagai “ROWT” atau “ROOT” (yang suku katanya berima dengan “food”). Pengucapan pertama lebih umum terjadi pada penutur bahasa Inggris dari Amerika Serikat, sedangkan pengucapan kedua lebih umum terjadi di Inggris.

Watch

“Watch” adalah satu kosa kata Bahasa Inggris yang bisa berbeda-beda pengucapannya bergantung pada lokasi geografis. Penutur bahasa Inggris biasanya menggunakan pengucapan “o” menjadi “WOTCH”, sedangkan cara baca “WATCH” digunakan dalam bahasa Amerika dengan “ah”.

Apparel

Kata benda yang mengacu pada pakaian atau garmen ini dapat diucapkan “uh-PARE-uhl” (di AS) atau “uh-PAYR-uhl” (di Inggris), dengan bunyi berbeda pada suku kata kedua.

Envelope

Di AS, orang cenderung mengucapkan “EN-vuh-lope”. Sedangkan di Inggris, kata tersebut berbunyi seperti “AHN-vuh-lope”.

Kata ini mengubah bunyi vokal dan penempatan tekanannya. Orang Inggris akan mengucapkan “uhd-VER-tis-muhnt,” dengan tekanan pada suku kata kedua. Sebaliknya, orang Amerika mengucapkan “AD-ver-ties-muhnt”, dengan penekanan pada suku kata pertama. Cara baca ini mengubah bunyi vokal yang digunakan pada suku kata ketiga, yang dilafalkan sebagai “ai” dan bukan “i”.

Jika kamu pernah merasa bingung dengan variasi pengucapan kata-kata yang berbeda, itu bukan karena kamu yang salah dalam pronunciation, tetapi memang Bahasa Inggris seperti itu.

Pengucapan bisa berbeda karena variasi wilayah, pengaruh bahasa lain, sifat bahasa yang terus berkembang, dan latar belakang individu pembicara. Beberapa kosa kata dapat mengubah tekanannya dari suku kata terakhir ke suku kata pertama atau hanya menggunakan bunyi vokal berbeda.

Baca Juga: Belajar Kosakata Perkenalan Bahasa Inggris

Mengapa Belajar Kosa Kata dan Cara Baca Itu Penting

Sekarang, kamu sudah mendapatkan kosa kata Bahasa Inggris dan cara bacanya yang berbeda. Sifat pengucapan bahasa Inggris beragam, dipengaruhi sejarah, evolusi linguistik berkelanjutan, nuansa semantik, dan latar belakang penutur beragam.

Adanya pronunciation yang berbeda untuk kata yang sama mencerminkan bagian bahasa Inggris yang rumit. Hal ini terjadi karena adanya pertukaran budaya, inovasi, dan adaptasi selama berabad-abad. Pengucapan bahasa Inggris yang berbeda akan memperkaya kompetensi linguistik seseorang dan apresiasi terhadap sifat dinamis bahasa.

Dengan belajar kosa kata dan pengucapan bahasa Inggris, kamu dapat meningkatkan keterampilan komunikatif. Kamu juga dapat meningkatkan pemahaman dan kelancaran penggunaan bahasa. Memahami arti dan pengucapan kata yang benar memungkinkan individu mengekspresikan diri secara lebih efektif dan memahami bahasa tertulis dan lisan lebih jelas.

Jika kamu ingin menguasai Bahasa Inggris lebih jauh, tidak hanya 10 kosa kata dan cara bacanya yang berbeda di atas, kamu bisa belajar di ICAN English. Ikuti program kursus Bahasa Inggris di kelas-kelas kami yang nyaman, online maupun offline. Tentukan tujuan personal kamu dalam belajar dan tutor kami siap mendampingi proses pembelajaran agar kamu bisa mencapai target tersebut.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel