Kumpulan Kata Sifat Bahasa Inggris

Kumpulan Kata Sifat Bahasa Inggris

Kata-kata yang menggambarkan atau mengubah apa yang kamu ketahui tentang seseorang atau sesuatu dalam kalimat disebut kata sifat atau adjective. Bentuknya bermacam-macam, mulai dari kata sifat satu kata sederhana hingga yang kompleks karena memiliki banyak kata. Kamu bisa meningkatkan pemahaman tersebut dengan belajar kumpulan kata sifat bahasa inggris.

Kumpulan Adjective Berdasarkan Jenis

Kata sifat mempunyai berbagai bentuk. Ada berbagai jenis kata sifat yang dapat kamu gunakan untuk mendeskripsikan orang, tempat, dan benda. Berikut kumpulan kata sifat bahasa inggris yang bisa kamu pelajari:

Simple Adjectives

Kata sifat sederhana adalah kata sifat yang hanya satu kata untuk mendeskripsikan atau memodifikasi kata benda atau kata ganti dalam sebuah kalimat. Berikut adalah contoh kata sifat sederhana atau kata deskriptif:

AbundantMelimpah
AcceptableDapat diterima
AccurateTepat
AdorableMenggemaskan
BraveBerani
BrightTerang
CalmTenang
ColorfulBerwarna-warni
CreativeKreatif
DeliciousLezat
EagerIngin sekali
ElegantAnggun
FamousTerkenal
FragrantHarum
GenerousDermawan

Kamu dapat menggunakan kata sifat sederhana untuk memberikan informasi dan menambahkan konteks pada sebuah kalimat. Misalnya, dalam kalimat “She is a beautiful actress”, kata sifat sederhana “beautiful” digunakan untuk mendeskripsikan “actress”.

Compound Adjectives

Kata sifat majemuk adalah dua kata atau lebih yang digunakan bersama-sama untuk membentuk satu kata sifat. Contoh kata sifat majemuk antara lain:

Above-averageDiatas rata-rata
AforementionedTersebut di atas
After-mentionedDisebutkan setelahnya
Age-oldTua sekali
All-inclusiveSemua termasuk
All-importantSangat penting
All-purposeSemua tujuan
All-roundSerbaguna
Already-knownSudah diketahui
Always-readySelalu siap
Any-timeKapan pun
Anywhere-availableTersedia di mana saja
At-issueDipermasalahkan
Back-to-backKembali ke belakang
Bad-temperedPemarah

Gunakan kata sifat majemuk untuk memberikan informasi lebih rinci. Misalnya, dalam kalimat “She is a well-known actress”, kata sifat majemuk “well-known” digunakan untuk memberikan lebih banyak informasi tentang “actress”.

Superlative Adjectives

Superlative adjective membantu membandingkan tiga orang, tempat, benda atau lebih. Kata sifat ini digunakan untuk menggambarkan derajat tertinggi dari sesuatu. Contoh superlative adjective mencakup kata-kata seperti berikut:

BiggestTerbesar
BestTerbaik
BravestPaling berani
BrightestPaling terang
BusiestTersibuk
CheapestTermurah
CleanestTerbersih
CleverestPaling pintar
CutestLucu
DeepestTerdalam
FarthestTerjauh
FinestTerbaik
FirmestPaling tegas
FirstPertama
FittestTerkuat

Gunakan superlative adjective untuk menggambarkan yang terbaik dari sesuatu. Misalnya, dalam kalimat “She is the smartest student”, kata sifat superlatif “yang paling cerdas” digunakan untuk menggambarkan betapa dia adalah yang paling cerdas di antara semua siswa.

Baca Juga: Kegunaan Adjective Kata Sifat Bahasa Inggris dan Contohnya

Demonstrative adjectives

Demonstrative adjective digunakan untuk menunjukkan kata benda atau kata ganti tertentu dalam sebuah kalimat. Contoh kata sifat demonstratif adalah berikut: This, That, These, Those.

Gunakan demonstrative adjective untuk menunjukkan orang, tempat, atau benda mana yang sedang kamu bicarakan. Misalnya, dalam kalimat “This house is ready to sell”, kata demonstrative adjective “this” digunakan untuk menunjukkan rumah tertentu yang dimaksud.

Possessive Adjectives

Possessive adjective menunjukkan kepemilikan atas sesuatu dalam sebuah kalimat. Contoh kata sifat posesif antara lain: my, your, his, dan her.

Gunakan possessive adjective untuk menunjukkan siapa yang memiliki sesuatu. Misalnya, dalam kalimat “My motorcycle is red”, kata sifat posesif “my” digunakan untuk menunjukkan bahwa pembicara adalah pemilik motor tersebut.

Predicate Adjectives

Predicate adjectives adalah kata sifat yang mengikuti kata kerja penghubung dalam sebuah kalimat. Contoh kata sifat predikat antara lain: happy, sad, dan excited.

Gunakan kata sifat predikat untuk mendeskripsikan subjek kalimat. Misalnya pada kalimat “The students are excited”, kata sifat predikat “excited” digunakan untuk mendeskripsikan siswa.

Metode Cepat Belajar Kata Sifat Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah mendapatkan materi tentang kumpulan kata sifat bahasa inggris. Keterampilan ini sangat penting untuk semua penulis, pembicara, dan komunikator.

Langkah pertama dalam meningkatkan kemahiran kata sifat adalah memperluas kosakata. Kata sifat adalah kata deskriptif, dan memiliki beragam kata sifat yang dapat kamu gunakan untuk memilih kata tepat dalam menyampaikan makna. Bacalah secara luas, lihatlah tesaurus, dan secara aktif mencari kata-kata baru.

Buatlah jurnal kosakata untuk mencatat kata sifat yang masih asing, artinya, dan contoh kalimat. Tinjau dan gunakan kata-kata ini secara teratur dalam tulisan dan percakapan untuk membantu memperkuatnya dalam ingatan.

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan masukan dari orang lain yang memiliki kemampuan bahasa atau keahlian menulis. Sehingga, kamu dapat memberikan wawasan berharga tentang penggunaan kata sifat dan melakukan koreksi.

Atau, kamu juga bisa memanfaatkan program kursus Bahasa Inggris di kelas-kelas yang interaktif. ICAN English menawarkan beberapa kelas dengan metode belajar menyenangkan. Tutor akan membantu memberikan penjelasan dan strategi yang tepat sesuai gaya belajar personal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel