Daftar Peluang Kerja Lulusan Sastra Inggris

Daftar Peluang Kerja Lulusan Sastra Inggris

Setelah lulus kuliah sastra Inggris, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mencari pekerjaan. Ada beberapa peluang kerja sastra inggris yang bisa kamu pilih pasca-kelulusan di semua sektor pasar kerja.

Dengan gelar ini, kamu mungkin ahli dalam keterampilan yang sangat dicari seperti meneliti, membaca teks, menganalisis kata-kata tertulis, dan berkomunikasi secara efektif. Sangat penting untuk mempelajari pilihan karir sehingga kamu dapat menemukan satu yang paling sesuai dengan keterampilan personal.

Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Sastra Inggris

Selama kuliah, pelajar Sastra Inggris disibukkan dengan membaca literatur, menganalisis teks untuk mencari maknanya, dan menarik kesimpulan dalam tulisan karya sendiri. Mencari peluang kerja tidak harus dengan mencari bidang yang sama persis seperti saat kuliah. Kamu bisa memulai membaca peluang kerja berdasarkan keterampilan yang telah kamu pelajari.

Di program studi sastra Inggris, kamu berpotensi menjadi ahli dalam segala hal, termasuk keterampilan menulis, retorika, mengungkapkan pikiran dan berkomunikasi secara efektif. Kamu juga memiliki keterampilan membaca secara analitis, berpikir kritis, dan berkomunikasi dengan jelas sebagai keahlian dasar yang dapat membantu mengejar pekerjaan di berbagai bidang.

Baca Juga: Prospek Kerja Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris

Daftar Peluang Kerja Gelar Sastra Inggris

Beberapa peluang besar terbuka lebar bagi lulusan sastra Inggris. Kamu bisa bekerja di bidang penerbitan, media dan jurnalisme, akademisi, hukum dan pemasaran, serta hubungan masyarakat. Berikut adalah beberapa daftar peluang kerja sastra inggris:

Jurnalis

Jurnalis melaporkan berita, termasuk isu politik nasional dan peristiwa lokal. Seorang jurnalis berperan penting dalam membantu masyarakat untuk mendapat informasi. Para profesional ini meneliti, menyelidiki, dan mengumpulkan informasi yang dapat mereka gunakan dalam narasi.

Jurnalis juga bekerja mengadakan wawancara, memelihara kontak penting, dan memverifikasi pernyataan dan fakta. Memiliki latar belakang sastra Inggris dapat membantu melaksanakan tanggung jawab utama, termasuk menulis dan menyajikan cerita dalam format yang kohesif.

Guru Bahasa Inggris

Sebagai pendidik, kamu bisa bekerja secara profesional yang fokus mengajar bahasa dan sastra Inggris. Guru Bahasa Inggris sering ditemukan di SMP dan SMA, untuk berbagi minat dalam membaca, menulis, dan berpikir kritis dengan siswanya.

Guru-guru ini bertanggung jawab untuk merencanakan pembelajaran, mengembangkan kurikulum, mengajar siswa, menilai pekerjaan, berkomunikasi dengan siswa dan orang tua. Guru Bahasa Inggris juga dapat memberikan dukungan dan intervensi kepada siswa dari semua tingkatan, memberi nasihat dan pendampingan.

Penulis Lepas

Freelance writer atau penulis lepas menghasilkan salinan majalah, surat kabar, siaran berita, jurnal dan buku. Penulis lepas memiliki kebebasan untuk berpindah dari satu proyek ke proyek lainnya. Peran ini sangat menarik bagi jurusan sastra Inggris yang memiliki banyak pengalaman menulis narasi saat kuliah.

Asisten Editorial

Asisten editorial bekerja dalam peran editorial dan administratif. Tugas Editorial assistant memberikan bantuan langsung kepada editor surat kabar, majalah dan publikasi lainnya dengan menerima telepon, menjalankan tugas, melakukan penelitian dan melakukan tugas-tugas lain sesuai kebutuhan

Asisten editorial melayani publikasi dengan memverifikasi fakta, mengoreksi tata bahasa dan tanda baca, berkomunikasi dengan penulis, dan memilih konten untuk dipublikasikan. Kemampuan lulusan sastra Inggris terhadap detail dan keterampilan komunikasi yang efektif akan berguna dalam melakoni pekerjaan ini.

Manajer Media Sosial

Manajer media sosial bertanggung jawab untuk merencanakan dan menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif di saluran media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan Snapchat. Pekerjaan ini membutuhkan keterampilan menulis dan berbagi cerita menarik di platform untuk mendorong keterlibatan pengguna dan pelanggan.

Manajer media sosial dapat bekerja di berbagai bidang berbeda, termasuk bisnis, pendidikan, dan sektor nirlaba. Jurusan sastra Inggris dapat dengan mudah menerapkan kemampuan menulis untuk mengisi pekerjaan ini.

Baca Juga: Kesalahan Saat Interview Kerja Bahasa Inggris

Perbedaan Kuliah Jurusan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris

Sekarang, kamu sudah mendapatkan gambaran tentang peluang kerja sastra Inggris. Banyak pelajar yang masih bingung dan salah paham tentang jurusan ‘bahasa Inggris’ dan ‘sastra Inggris’.

Sastra Inggris mengacu pada karya tulis berbahasa Inggris yang memiliki nilai seni. Sedangkan bahasa Inggris mencakup sarana komunikasi yang digunakan oleh penutur bahasa Inggris, terdiri dari tata bahasa, kosa kata, struktur kalimat, pengucapan dan elemen linguistik lainnya.

Bahasa Inggris berfungsi sebagai alat untuk menyampaikan gagasan dan emosi. Sedangkan sastra Inggris menggunakan bahasa sebagai media ekspresi artistik, bercerita, dan merefleksikan kehidupan dan dunia.

Mempelajari mata kuliah sastra Inggris mengharuskan kamu menganalisis karya sastra dan mengungkapkan pemikiran melalui penulisan esai. Jika kamu memilih mengejar gelar bahasa Inggris, kamu akan fokus mempelajari rincian bahasa Inggris dan bagaimana bahasa digunakan dalam konteks berbeda. Kamu juga akan belajar menggunakan bahasa Inggris secara efektif untuk memastikan pesan tersampaikan sesuai keinginan.

Jurusan apapun yang kamu pilih, Bahasa Inggris atau Sastra Inggris, keduanya memerlukan persiapan yang matang. Salah satu rencana persiapan kuliah terbaik adalah dengan melatih keterampilan berbahasa Inggris. Gunakan waktu sebelum masuk kuliah untuk belajar Bahasa Inggris terlebih dahulu di ICAN English! Modal keterampilan berbahasa Inggris akan membuat kamu lebih mudah memahami penjelasan dosen.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel