Pengalaman Belajar Bahasa Inggris Terbaik Agar Bisa Fasih

Pengalaman Belajar Bahasa Inggris Terbaik Agar Bisa Fasih

Mempelajari pengalaman belajar bahasa inggris orang lain adalah salah satu cara paling efektif untuk bisa meningkatkan keterampilan berbahasa. Banyak orang yang membagikan pengalaman pribadi dalam belajar bahasa Inggris dan cara mereka berlatih.

Salah satu saran terbaik dari mereka yang sudah berpengalaman dan terbukti meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris adalah mengevaluasi level Bahasa Inggris terlebih dahulu. Terdapat 5 kategori yang harus dievaluasi, seperti: written english, spoken english, language comprehension level, text comprehension level, dan vocabulary.

Belajar Bahasa Inggris Efektif Menurut Pengalaman Ahli

Dengan mempelajari pengalaman belajar bahasa inggris orang lain, kamu bisa mengevaluasi 5 kategori di atas, dengan beberapa cara berikut:

Written English

Mulailah dengan membuat jurnal, kemudian lanjutkan dengan menulis artikel dan mengelola akun Twitter. Kamu juga dapat menggunakan LinkedIn untuk memulai latihan menulis. Kebiasaan berlatih menulis akan membuat kamu semakin ingin menulis dalam bahasa Inggris untuk audiens berbahasa inggris.

Selain itu, latihan menulis memiliki dampak terbatas pada grammar. Pada saat latihan menulis, kamu harus mulai menerapkan aturan tata bahasa agar terus berlatih dan mulai memahami aturan tersebut.

Spoken English

Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lisan terbukti paling sulit. Tidak selalu ada orang yang bisa diajak bicara dalam bahasa Inggris, terutama penutur asli. Rekomendasi metode yang tepat dari pengalaman pembelajar yang sudah ahli adalah dengan berdialog sendiri dalam bahasa Inggris. Beralihlah ke bahasa Inggris selama satu jam setiap hari dan cobalah untuk mengungkapkan semua pemikiran pribadi secara verbal dalam bahasa Inggris.

Kamu juga dapat menggunakan aplikasi untuk berkomunikasi dengan penutur bahasa Inggris. Hal ini memungkinkan kamu untuk memiliki lebih banyak fleksibilitas dalam mencari rekan latihan. Pertimbangkan bergabung dengan klub percakapan yang beranggotakan penutur asli. Ada banyak grup online tersedia, untuk berkomunikasi dengan penutur asli melalui interaksi tatap muka pribadi.

Language Comprehension Level

Menonton film dan acara TV secara signifikan meningkatkan pemahaman bahasa. Kamu dapa menonton acara TV animasi seperti The Simpsons atau Futurama. Awalnya, kamu mungkin merasa ini semua sangat menantang, dan tidak memahami semua nuansa bahasanya. Tetapi, kamu bisa memulainya dengan menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Selanjutnya, lalu ke subtitle bahasa Inggris.

Tahap terakhir, menonton tanpa subtitle. Jangan menganggap menonton film dan acara TV hanya sebagai proses pembelajaran. Realitanya adalah kamu menonton semuanya dalam bahasa Inggris mulai sekarang dan benamkan diri di dalamnya.

Sebagai alternatif film dan acara TV, kamu dapat mendengarkan podcast atau acara “edukasi”. Asal jangan sampai membebani otak dengan konten berbahasa Inggris saat ingin bersantai.

Text Comprehension Level

Mengembangkan pemahaman teks merupakan salah satu tugas termudah, karena sebagian besar konten internet dalam bahasa Inggris. Carilah alternatif dalam bahasa Inggris untuk semua aktivitas dan hiburan internet.

Alihkan sistem operasi ponsel dan PC ke bahasa Inggris juga sangat membantu. Kamu perlu menciptakan “lingkungan” berbahasa Inggris dan membenamkan diri di dalamnya. Sehingga bahasa Inggris benar-benar menjadi bahasa ibu kedua untuk pengalaman pribadi.

Vocabulary

Membangun kosakata merupakan tantangan tersulit bagi banyak pemula. Solusi terbaiknya adalah menggunakan aplikasi yang membantu menghafal kata-kata baru secara sistematis dan memasukkannya dalam latihan sehari-hari.

Baca Juga:
Cara Menguasai Bahasa Inggris Dengan Cepat
Cara Belajar Bahasa Inggris Sehari-Hari

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris dari Pengalaman Orang Lain

Dengan mengikuti pengalaman belajar bahasa Inggris dari pembelajar sebelumnya, kamu akan lebih mahir berbicara bahasa Inggris. keuntungannya adalah kamu juga akan lebih mudah memahami secara praktis siapa saja yang berbicara bahasa Inggris. Bahkan, kamu juga akan merasa lebih nyaman berada di lingkungan berbahasa Inggris.

Jika kamu sudah berhasil menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dan merasa nyaman dengan kemampuan tersebut, proses belajar bahasa tidak boleh berhenti sampai disitu. Kamu harus terus mengidentifikasi titik lemah dan mencari solusi terbaiknya.

Kebanyakan pembelajar bahasa Inggris merasa sudah puas ketika mampu berkomunikasi dengan native speaker. Tetapi, bahasa adalah ilmu yang terus berkembang, semakin banyak kosakata baru yang harus kamu pelajari.

Jika ingin lebih mudah dalam mempelajari Bahasa Inggris didukung adanya partner yang tepat, ICAN English bisa menjadi solusinya! Kamu dapat mengikuti program kursus Bahasa Inggris yang kami tawarkan dengan banyak opsi kelas. Materi dirancang, dan disediakan sesuai kemampuan personal setiap siswa, mulai dari level beginner hingga advanced!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel