Cara Penilaian IELTS dan Perhitungan Band Score

Cara Penilaian IELTS dan Perhitungan Band Score

IELTS adalah salah satu tes Bahasa Inggris paling populer di dunia. International English Language Testing System (IELTS) menjadi tes yang digunakan untuk bekerja, belajar, dan mengurus migrasi.

Penilaian IELTS dalam Bahasa Inggris dibagi untuk empat keterampilan; Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Kamu juga bisa memilih tes IELTS Academic atau General Training sesuai kebutuhan. Gunakan Academic IELTS jika kamu ingin mendaftar kuliah. Gunakan General Training IELTS untuk tujuan karir dan imigrasi.

Bagaimana IELTS Band Score Dihitung

Tabel cara penilaian IELTS berikut menjelaskan agar kamu bisa menghitung dan memahami skor. Jika kamu ingin berhasil dalam tes IELTS, kamu harus memahami syarat target skor

IELTS Band Score

Semua skor tes IELTS adalah antara 0 dan 9. Kamu juga bisa mendapatkan skor .5, seperti contoh 6.5 atau 7.5. Kamu juga akan mendapatkan band score untuk tiap skill (listening, writing, reading, dan speaking) dan overall band score.

Overall band score adalah nilai rata-rata dari semua skill, seperti tabel contoh berikut:

ListeningReadingWritingSpeakingOverall
7.57.5877.5

Jika skor akhir tidak genap 7.5, maka akan dibulatkan. Misalnya, jika nilai rata-rata adalah 6.1, maka akan dibulatkan menjadi 6. Sebaliknya, jika nilai rata-rata adalah 6.8, maka akan dibulatkan menjadi lebih tinggi, yaitu 7.

Deskripsi Skor IELTS

Berikut adalah deskripsi band skor dan informasi tentang level Bahasa Inggris yang dikuasai:

Band ScoreEnglish LevelDescription
9Expert UserMemiliki kemampuan Bahasa Inggris yang lengkap, dalam hal akurasi, kelancaran, fleksibel, akurat, dan tepat dengan pemahaman penuh.
8Very Good UserMemiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, dengan kesalahan sangat kecil seperti penggunaan kata yang kurang tepat. Mampu berhadapan dengan situasi dan menjelaskan argumen dengan sangat detil.
7Good UserMemiliki pemahaman Bahasa Inggris dengan akurasi yang sudah cukup baik, pemahaman dan kesalahan kecil dalam penggunaan kata. Bisa menggunakan bahasa Inggris yang kompleks dan dapat memahami argumen dengan detil.
6Competent UserMemiliki kemampuan berbahasa Inggris yang efektif dengan beberapa kesalahan, kata-kata yang kurang tepat, dan kesalahpahaman. Bisa menggunakan bahasa yang kompleks, tetapi sudah sesuai dengan kondisi.
5Modest UsersMemiliki 50% kemampuan Bahasa Inggris, mampu memahami makna secara keseluruhan. Masih melakukan kesalahan yang cukup sering. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang lebih baik dalam kondisi sehari-hari. Belum mampu memahami penggunaan bahasa Inggris secara kompleks.

Banyak universitas dan perguruan tinggi di negara-negara berbahasa Inggris menetapkan persyaratan skor IELTS khusus untuk penerimaan. Memahami tingkat skor ini membantu kamu dalam menilai kemampuan bahasa dan menentukan apakah kamu dapat memenuhi kriteria penerimaan untuk program yang diinginkan.

Baca Juga: Persiapan Tes IELTS yang Penting Dilakukan

Band Score IELTS 

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut tentang band score IELTS pada tiap skill:

Reading dan Listening

Nilai tes reading dan listening dihitung berdasarkan jumlah jawaban yang benar dari 40 pertanyaan yang ada pada tes. Kamu tidak akan kehilangan poin skor jika jawaban salah. Hanya ada 1 tes listening untuk kandidat GT dan Academic. Sehingga, kamu bisa mengambil semua tes dengan nilai yang sama. Berikut adalah tabel skor untuk Listening IELTS:

Jawaban benarBand Score
39-409
37-388.5
35-368
32-347.5
30-317
26-296.5
23-256
18-225.5
16-175
13-154.5
11-124

Skor IELTS memberikan ukuran standar kemampuan bahasa Inggris seseorang. Skorini membantu individu menilai kekuatan dan kelemahan secara objektif dalam berbagai keterampilan bahasa—mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Berikut adalah tabel skor Reading (AC) sesuai jawaban yang benar:

Jawaban BenarBand Scores
40-399
38-378.5
36-358
34-337.5
32-307
29-276.5
26-236
22-195.5
18-155
14-134.5
12-104
9-83.5
7-63
5-42.5

Memahami tingkat skor memungkinkan individu mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan. Kamu juga bisa lebih fokus mencari upaya belajar sesuai skill yang perlu ditingkatkan. Berikut adalah tabel skor Reading IELTS (GT) berdasarkan jumlah jawaban yang benar:

Jawaban BenarBand Scores
409
398.5
37-388
367.5
34-357
32-336.5
30-316
27-295.5
23-265
19-224.5
15-184
12-143.5
9-113
6-82.5

Mengetahui tingkat skor IELTS membantu dalam menetapkan tujuan dan jadwal yang dapat dicapai untuk perjalanan belajar bahasa. Sehingga, kamu dapat mengembangkan rencana belajar yang memenuhi kebutuhan spesifik dan secara bertahap meningkatkan keterampilan bahasa untuk mencapai tingkat kemahiran yang diinginkan.

Writing

Bagian writing di tes IELTS dibagi menjadi dua; Writing task 1 dan task 2. Penilaian IELTS di sesi ini dibagi dalam empat kriteria. 

Task Achievement/ Task Response:Kemampuan presentasi informasi akurat, menyediakan overview, menunjukkan stage/key features, menambahkan detail dengan data.25%
Coherence & Cohesion:Menjawab pertanyaan tugas, memberikan poin utama yang relevan disertai kalimat pendukung, menyatakan hal secara jelas, memberikan kesimpulan.25%
Vocabulary:Menyusun informasi/ ide dalam paragraf, memiliki satu ide pokok di tiap paragraf, Menggunakan linking devices.25%
Grammar:Menggunakan sejumlah kata, paraphrasing, collocations, spelling, dan menghindari kesalahan struktur kalimat. Menggunakan beberapa struktur kalimat dan grammar tenses bervariasi, memperhatikan punctuation.25%

Tes GT dan Academic pada sesi writing task 2  memiliki kriteria penilaian dan skor yang sama, walaupun tingkat kesulitan tes essay IELTS Writing GT masih lebih mudah. Writing task 1 untuk tes IELTS GT, artinya kamu harus menulis sebuah surat. Sedangkan writing task 1 untuk tes IELTS Academic, kamu harus menulis laporan. Itulah mengapa penilaian Task Achievement keduanya sedikit berbeda, namun untuk tiga kriteria yang lain memiliki penilaian yang sama.

Speaking

Berikut adalah kriteria penilaian untuk tes IELTS Speaking. Semua kandidat akan mengambil tes yang sama, dan hanya ada satu macam tes speaking IELTS, dengan nilai 25% untuk penilaian berikut:

FluencyMampu berbicara panjang, tanpa adanya jeda atau ragu. Berbicara tanpa adanya koreksi dari diri sendiri, dapat dipahami, dan menggunakan linking devices.
Lexical ResourceMenggunakan sejumlah kata, paraphrasing, collocations, jarang menggunakan kata populer, dan menghindari kesalahan.
Grammar Range & AccuracyMenggunakan struktur kalimat, menggunakan grammar tenses, dan menghindari kesalahan.
PronunciationDapat dipahami, dapat menggunakan intonasi, menggunakan aksen yang dapat dipahami, pronunciation akurat.

Meraih skor IELTS yang tinggi bukan hanya tentang memenuhi persyaratan eksternal; tetapi juga mencerminkan kemampuan berkomunikasi efektif dalam bahasa Inggris. Hal ini penting untuk keberhasilan akademis, interaksi profesional, dan kehidupan sehari-hari di lingkungan berbahasa Inggris.

Baca Juga: Kesalahan Saat Latihan Tes IELTS, Wajib Dihindari!

Benefit Belajar di IELTS Preparation Class

Sekarang, kamu sudah memahami apa saja aspek dan indikator penilaian IELTS. Meskipun menghadiri kelas IELTS sangat efektif untuk meningkatkan skor, hal ini bukanlah satu-satunya cara untuk mencapai tujuan tersebut. Ada berbagai metode yang efektif untuk meningkatkan kinerja IELTS. Efektivitas masing-masing metode bergantung pada gaya belajar, kebutuhan, dan keadaan masing-masing individu. 

Sangat penting mengetahui bahwa kelas IELTS menyediakan lingkungan belajar terstruktur dengan kurikulum jelas dan disesuaikan format tes. Pendekatan terstruktur ini memastikan semua aspek tes—mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara—tercantum secara sistematis.

Selanjutnya, kelas IELTS biasanya diajarkan oleh instruktur berpengalaman yang memahami format dan persyaratan tes. Instruktur dapat memberikan wawasan, kiat, dan strategi penting yang dirancang khusus untuk menghadapi tes tersebut. Umpan balik rutin dari instruktur mengenai tes praktik dan latihan sangat penting untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan.

Dapatkan pengalaman belajar IELTS Preparation Class di ICAN English mulai dari sekarang! Program ini menawarkan sesi-sesi latihan terarah, berfokus pada keterampilan-keterampilan khusus. Kamu akan belajar berbagai jenis pertanyaan yang muncul dalam tes IELTS. Latihan terarah ini membantu terbiasa menghadapi format tes, meningkatkan kecepatan dan meningkatkan peluang skor tinggi.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel