Penyebutan Jam Dalam Bahasa Inggris US dan UK, Apa Bedanya?

Penyebutan Jam Dalam Bahasa Inggris US dan UK, Apa Bedanya?

Mahami penyebutan jam dalam Bahasa Inggris terbilang penting. Hal ini membantu kamu dalam memahami kejadian dan waktu. Misalnya, kamu bisa menggunakan frasa seperti “half past,” atau “quarter past..” untuk membicarakan kejadian atau aktivitas apapun. 

Mengetahui cara menyatakan waktu membantu kamu membuat pertemuan, merencanakan kegiatan, dan bercerita. Sehingga, dapat meningkatkan keterampilan komunikasi lebih jelas bagi semua orang.

Cara Penyebutan Jam Dalam Bahasa Inggris Berdasarkan Prinsip US dan UK

Gunakan panduan berikut agar kamu bisa melakukan penyebutan jam Bahasa Inggris yang benar:

Penyebutan Jam Penuh (O’clock)

Jika pukul menunjukkan 1:00, 2:00, atau 12:00, merupakan waktu yang paling mudah untuk dikatakan. Kamu bisa menggunakan format “the hour + o’clock” untuk menyebutkan waktu tersebut. Berikut adalah tabel dengan kolom penggunaan waktu “o’clock,” pelafalan dalam bahasa Inggris UK, dan pelafalan dalam bahasa Inggris US:

WaktuPelafalan (UK)Pelafalan (US)
1:00one o’clock (wʌn əˈklɒk)one o’clock (wʌn əˈklɑːk)
2:00two o’clock (tuː əˈklɒk)two o’clock (tuː əˈklɑːk)
3:00three o’clock (θriː əˈklɒk) three o’clock (θriː əˈklɑːk)
4:00four o’clock (fɔːr əˈklɒk)four o’clock (fɔːr əˈklɑːk
5:00 five o’clock (faɪv əˈklɒk) five o’clock (faɪv əˈklɑːk)
6:00six o’clock (sɪks əˈklɒk)six o’clock (sɪks əˈklɑːk) 
7:00seven o’clock (ˈsɛvən əˈklɒk)seven o’clock (ˈsɛvən əˈklɑːk)
8:00  eight o’clock (eɪt əˈklɒk) eight o’clock (eɪt əˈklɑːk)
9:00 nine o’clock (naɪn əˈklɒk) nine o’clock (naɪn əˈklɑːk) 
10:00ten o’clock (tɛn əˈklɒk)ten o’clock (tɛn əˈklɑːk)
11:00eleven o’clock (ɪˈlɛvən əˈklɒk)eleven o’clock (ɪˈlɛvən əˈklɑːk)
12:00twelve o’clock (twɛlv əˈklɒk)twelve o’clock (twɛlv əˈklɑːk)

Mempelajari cara menyebutkan waktu menggunakan “o’clock” dalam bahasa Inggris Amerika dan UK, termasuk pelafalannya, sangatlah penting. Pemahaman ini membantu komunikasi efektif karena waktu adalah bagian dasar dari percakapan sehari-hari, seperti menjadwalkan pertemuan atau merencanakan acara. 

Berlatih pelafalan “o’clock” dengan aksen Amerika dan UK dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan dan berbicara. Hal ini membuat kamu terdengar lebih lancar dan alami dalam percakapan. Selain itu, kamu dapat menambah kepercayaan diri dalam penggunaan bahasa Inggris.

Penyebutan Setengah Jam (Half Past)

“Half past” adalah cara untuk menyebutkan waktu yang berarti 30 menit setelah jam tertentu. Misalnya, “half past two” berarti pukul 2:30. Ungkapan ini umum digunakan dalam bahasa Inggris, baik British maupun American. Dalam cara penyebutan waktu ini, kamu menyebutkan jam terlebih dahulu, diikuti dengan “half past”. Contohnya, “half past five” berarti pukul 5:30. 

Berikut adalah penjelasan tentang penyebutan setengah jam atau istilah “half past” dalam Bahasa Inggris:

Waktu (Half Past)Pelafalan UK (Britania)Pelafalan US (Amerika)
Half past 1 (1:30)hɑːf pɑːst wʌnhæf pæst wʌn
Half past 2 (2:30)hɑːf pɑːst tuːhæf pæst tuː
Half past 3 (3:30)hɑːf pɑːst θriːhæf pæst θriː
Half past 4 (4:30)hɑːf pɑːst fɔːhæf pæst fɔːr
Half past 5 (5:30)hɑːf pɑːst faɪvhæf pæst faɪv
Half past 6 (6:30)hɑːf pɑːst sɪkshæf pæst sɪks

Ketika kamu memahami cara menyatakan waktu dalam bahasa Inggris Amerika dan UK, kamu akan memiliki fleksibilitas lebih besar. Kamu akan mudah meningkatkan kemampuan komunikasi di berbagai konteks.

Baca Juga: Belajar Mengenal Jam Dalam Bahasa Inggris

Penyebutan Perempat Jam (Quarter Past dan Quarter To)

“Quarter past” dan “quarter to” adalah ungkapan yang digunakan untuk menunjukkan waktu tertentu pada jam. “Quarter past” merujuk pada waktu yang berarti 15 menit setelah jam tertentu, seperti “quarter past three,” yang berarti pukul 3:15.

Penggunaan “quarter to” menunjukkan waktu yang berarti 15 menit sebelum jam berikutnya, seperti “quarter to four,” berarti pukul 3:45. Istilah-istilah ini membantu memberikan cara jelas dan ringkas untuk berkomunikasi tentang waktu, terutama dalam situasi informal. Sehingga memudahkan orang untuk memahami kapan suatu acara dijadwalkan berlangsung.

WaktuPelafalan (UK)Pelafalan (US)
1:15  quarter past one (ˈkwɔːtə pɑːst wʌn) quarter past one (ˈkwɔrtər pæst wʌn)
1:45quarter to two (ˈkwɔːtə tə tuː)    quarter to two (ˈkwɔrtər tə tu)
2:15quarter past two (ˈkwɔːtə pɑːst tuː) quarter past two (ˈkwɔrtər pæst tu)
2:45 quarter to three (ˈkwɔːtə tə θriː)quarter to three (ˈkwɔrtər tə θri)
3:15quarter past three (ˈkwɔːtə pɑːst θriː)quarter past three (ˈkwɔrtər pæst θri)

Memahami ekspresi waktu dalam bahasa Inggris Amerika dan UK untuk quarter to dan quarter past memastikan komunikasi lancar. Kamu bisa berkomunikasi dengan penutur dari berbagai wilayah. Kemampuan ini sangat berguna saat bepergian atau bekerja di lingkup internasional, karena menghindari kebingungan frasa waktu setempat.

Penggunaan “Past” dan “To”

“Past” dan “To” digunakan untuk menyatakan waktu dalam bahasa Inggris dengan cara yang berbeda. “Past” digunakan ketika menyebutkan waktu setelah jam tertentu, menunjukkan berapa menit setelah jam tersebut. Misalnya, jika waktu menunjukkan 3:15, kita bisa mengatakan “quarter past three” yang berarti 15 menit setelah jam tiga.

“To” digunakan untuk menyatakan waktu yang menunjukkan berapa menit menuju jam berikutnya. Misalnya, jika waktu menunjukkan 4:45, kita bisa mengatakan “quarter to five,” yang berarti 15 menit sebelum jam lima. 

WaktuPelafalan (UK)Pelafalan (US)
1:05Five past one (/faɪv pɑːst wʌn/) Five past one (/faɪv pæst wʌn/)
2:10 Ten past two (/tɛn pɑːst tuː/)  Ten past two (/tɛn pæst tuː/)
3:15 Quarter past three (/ˈkwɔːtə pɑːst θriː/) Quarter past three (/ˈkwɔrtər pæst θriː/)
4:20Twenty past four (/ˈtwɛnti pɑːst fɔː(r)/)Twenty past four (/ˈtwɛnti pæst fɔːr/)
5:25Twenty-five past five (/ˈtwɛnti faɪv pɑːst faɪv/)Twenty-five past five (/ˈtwɛnti faɪv pæst faɪv/)
6:30Half past six (/hɑːf pɑːst sɪks/) Half past six (/hæf pæst sɪks/)
6:35Twenty-five to seven (/ˈtwɛnti faɪv tə səvən/)Twenty-five to seven (/ˈtwɛnti faɪv tə sɛvən/)
7:40Twenty to eight (/ˈtwɛnti tə eɪt/)Twenty to eight (/ˈtwɛnti tə eɪt/)
8:45Quarter to nine (/ˈkwɔːtə tə naɪn/) Quarter to nine (/ˈkwɔrtər tə naɪn/)
9:50Ten to ten (/tɛn tə tɛn/)  Ten to ten (/tɛn tə tɛn/)
10:55Five to eleven (/faɪv tə ɪˈlɛvən/)Five to eleven (/faɪv tə ɪˈlɛvən/)

Penggunaan kedua istilah ini membantu dalam menggambarkan waktu secara lebih spesifik dan jelas dalam komunikasi sehari-hari. Kamu jadi lebih mudah mengungkapkan apapun yang berkaitan dengan waktu.

Perbedaan Penggunaan Format 24 Jam

Di UK, penggunaan format 24 jam lebih umum, terutama dalam situasi formal seperti jadwal transportasi atau jam digital. Sistem ini menghindari penggunaan AM dan PM dengan menunjukkan semua 24 jam dalam sehari. Sebaliknya, di AS, orang lebih sering menggunakan format jam 12 jam.

Biasanya di AS, menggunakan “AM” dan “PM” untuk membedakan antara waktu pagi dan sore atau malam. Meskipun jam digital di AS mungkin menampilkan format 24 jam, sistem 12 jam lebih banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun ada perbedaan preferensi, baik di UK maupun AS, format jam 12 jam dengan AM dan PM digunakan dalam percakapan sehari-hari yang informal. 

Di kedua negara, “AM” digunakan untuk menunjukkan waktu dari tengah malam hingga tengah hari. Sedangkan “PM” untuk waktu dari tengah hari hingga tengah malam. Baik di UK maupun AS, mengatakan “8 o’clock AM” berarti waktu pagi, dan “7 o’clock PM” mengacu pada waktu malam. Selain itu, jam digital yang menampilkan format 12 jam juga umum di kedua negara.

Baca Juga: Belajar Materi Jam dalam Bahasa Inggris

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu Bersama ICAN English 

Sekarang, kamu sudah mempelajari tentang penyebutan jam dalam Bahasa Inggris. Tertarik lebih lanjut untuk belajar Bahasa Inggris? Gabung di kelas ICAN English! Program kursus bahasa Inggris di kelas kami dirancang untuk memenuhi kebutuhan belajar kamu. Beberapa program seperti General English atau Business English. Semua program tersedia untuk kalangan pemula dan lanjutan.

Instruktur kami berpengalaman menggunakan metode pengajaran interaktif untuk memastikan kamu mendapatkan kepercayaan diri dalam berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Dengan jadwal fleksibel dan rencana pelajaran dipersonalisasi, kamu bisa belajar sesuai kecepatan dan cara yang kamu inginkan. 

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel