Perbedaan dan Kapan menggunakan Mrs, Ms, dan Mr dengan benar, Jangan Salah!

Perbedaan dan Kapan menggunakan Mrs, Ms, dan Mr dengan benar, Jangan Salah!

Perbedaan Mrs dan Ms maupun Mr adalah pembahasan penting yang harus dipahami oleh pemula. Ketiganya merupakan kata ganti yang digunakan dengan fungsi berbeda. Pemahaman ini juga berguna pada saat berbicara langsung maupun dalam surat.

Pria selalu disebut sebagai Mr., tetapi untuk wanita justru lebih rumit. Ada tiga sebutan formal yang dapat dimiliki oleh seorang wanita: Miss, Ms., dan Mrs. Umumnya, Miss digunakan untuk wanita di bawah usia 18 tahun. Sedangkan Mrs. digunakan untuk wanita yang sudah menikah. Untuk wanita lainnya, kamu akan menggunakan Ms. 

Pengertian Mrs

Perbedaan Mrs dan Ms sangat mencolok. Mrs. adalah sebutan yang digunakan untuk wanita yang sudah menikah. Sebutan yang lebih netral, Ms., dapat digunakan sebagai pengganti untuk wanita yang status pernikahannya tidak diketahui, tidak relevan, atau lebih memilih sapaan tersebut. Hanya sedikit orang yang menyadari bahwa ‘Mistress’ adalah akar dari singkatan ‘Mrs’ dan ‘Miss’.

Sepanjang sejarah, ‘mistress’ adalah istilah dengan banyak makna, seperti banyak bentuk sapaan untuk wanita. Dalam Dictionary of 1755, Samuel Johnson mendefinisikan ‘mistress’ sebagai pemimpin wanita, seorang wanita yang terampil dalam sesuatu, guru wanita hingga seorang wanita yang dicintai dan dipuja, hingga dianggap sebagai penghinaan.

Penggunaan Mrs yang Tepat

Mrs. ditulis dengan tanda titik karena berasal dari singkatan “mistress.” Namun, saat ini diucapkan [miss-iz] dan hanya ditulis dalam bentuk singkatan ini. Berikut adalah contoh penggunaan Mrs dalam kalimat:

  • Mrs. Clinton says I could pass the exam.
  • I’d like to thank Mrs. Smith for all her feedback for our summer project.
  • Dear Mmes. Clinton and Smith, …

Gelar ini selalu ditulis dengan huruf kapital. Bentuk jamak dari Mrs. adalah Mmes., yang berasal dari bahasa Prancis “Mesdames,” tetapi saat ini jarang digunakan.

Baca Juga: Pembahasan Lengkap Perbedaan She Dan He

Pengertian Ms 

Ms. adalah gelar yang diciptakan pada abad ke-20. Maknanya merujuk pada seorang wanita yang status pernikahannya tidak diketahui oleh pembicara. 

Sebutan ini diadopsi oleh gerakan feminis sebagai cara untuk menyebut wanita tanpa mendefinisikannya berdasarkan status pernikahannya (setara dengan gelar laki-laki “Mr.”). Karena itu, gelar ini sering digunakan bahkan ketika seorang wanita diketahui sudah menikah.

Penggunaan Ms yang Tepat

Ms dan Mrs artinya sama-sama menandakan perempuan, hanya beda konteks dan beda penggunaan. Ms. ditulis dengan tanda titik karena didasarkan pada Mrs., namun tidak seperti kata tersebut, Ms. bukanlah singkatan dari apa pun. Berikut adalah contoh penggunaan Ms dalam Bahasa Inggris:

  • She’s married. But, for a professional context, you can call her Ms. Deborah.
  • We’d like to invite you, Ms. Drew and Ms. Deborah.
  • Dear Ms. Lenah, …

Saat diucapkan, bunyinya [miz] (bukan [miss]), tetapi sebaiknya tidak ditulis sebagai “Miz.” Gelar Ms. selalu ditulis dengan huruf kapital. Bentuk jamaknya adalah Mss. (diucapkan [miz-iz]), meskipun jarang digunakan., Ms. biasanya diulang sebelum setiap nama.

Ms. bersifat netral dalam hal status pernikahan: sebutan ini tidak menunjukkan apakah seorang wanita sudah menikah atau belum. Namun, Ms. tidak netral secara gender, karena hanya merujuk pada wanita. 

Pengertian Mr 

Mr. diucapkan [mis-ter]. Secara tradisional, Mr. digunakan sebelum nama pria dan anak laki-laki. Singkatan Mr. telah digunakan sejak tahun 1500-an, sebagai bentuk singkat dari “master,” sebuah gelar yang digunakan untuk pria berkuasa.

Pada pertengahan abad ke-18, baik Mr. maupun bentuk panjangnya, Mister, telah menjadi kata yang terpisah dari “master”. Singkatan ini telah menjadi sapaan umum dalam bahasa Inggris untuk menyebut pria berpangkat sosial lebih tinggi.

Penggunaan Mr yang Tepat

Kamu harus menggunakan sebutan “Mr” ini saat menyapa pria dalam penulisan formal. Dalam bahasa Inggris Amerika, kita biasanya menambahkan tanda titik di akhir singkatan. Berikut adalah contoh kalimat Bahasa Inggris menggunakan sebutan “Mr.”:

  • I met Mr. Josh yesterday.
  • I saw Mr. Bush in front of your house.

Kamu juga dapat menemukan kata “Master,” yang merupakan sebutan untuk anak laki-laki yang terlalu muda dengan singkatan “Mr.” Namun, sebutan ini sudah cukup kuno dan jarang digunakan di luar penulisan yang sangat formal. 

Baca Juga: Mengenal Apa Itu He dalam Bahasa Inggris

Panduan Praktis Penggunaan Mrs dan Ms

Mrs Mr Ms adalah cara berbeda untuk menyapa wanita. Biasanya, digunakan sebagai sebutan sebelum nama belakang. Namun, kata-kata ini memiliki konteks sangat berbeda. Penggunaannya yang salah dapat membuat tulisan kamu terkesan canggung atau bahkan menyinggung.

Berikut adalah aturan penggunaan Mrs dan Ms:

  • Mrs. biasanya digunakan sebagai gelar untuk wanita yang sudah menikah atau pernah menikah.
  • Ms. biasanya digunakan sebagai gelar untuk wanita yang status pernikahannya tidak diketahui.

Dalam penulisan, Kamu akan menemukan istilah-istilah Mrs. dan Ms. pada bentuk formal. Keduanya juga digunakan dalam profesi tertentu, seperti pengajaran, dan dianggap sebagai istilah penghormatan. Namun, etika modern mengharuskan kita berhati-hati saat menggunakan Mrs., Ms., dan Miss.

Jika tidak yakin dengan status pernikahan seorang wanita dan situasinya mengharuskan penggunaan gelar, gunakan Ms. Misalnya, dalam surat bisnis formal, Kamu bisa menyapa wanita sebagai Ms. Jones atau Ms. Wallis. 

Miss tidak memiliki tanda titik, sedangkan Mrs. dan Ms. memilikinya dalam bahasa Inggris Amerika. Namun, biasanya tanda titik hilang dalam penulisan bahasa Inggris Britania. Miss, Mrs., dan Ms. selalu ditulis dengan huruf kapital.

Kesimpulan

Sekarang, kamu sudah memahami penjelasan tentang penggunaan Mr Mrs Ms. Ada beberapa sebutan yang digunakan saat berbicara atau menulis kepada wanita. Pemahaman ini sangat penting baik saat berkomunikasi dalam bentuk lisan maupun tulisan.

Gelar utama adalah Mrs., menunjukkan wanita sudah menikah, baik saat ini atau sebelumnya. Sebutan Miss, untuk wanita belum menikah atau gadis muda. Sedangkan Ms., digunakan wanita yang menginginkan sebutan netral dan lebih progresif. Jika tidak yakin dengan preferensi atau status pernikahan seorang wanita, Ms. adalah pilihan paling aman.

Untuk memperdalam pemahaman dalam menggunakan istilah Mrs, Ms, ataupun Mr., maka kamu harus sering latihan menulis atau berbicara. Buat jadwal khusus dan belajar secara konsisten agar peningkatan pemahaman Bahasa Inggris dapat kamu peroleh.

Jika ragu-ragu dalam memulai belajar Bahasa Inggris sendiri, ICAN English bisa kamu jadikan sebagai solusi terbaik! Layanan kursus Bahasa Inggris tersedia dalam bentuk online dan offline. Kamu bisa belajar di kelas-kelas yang interaktif, dengan program berbeda sesuai kebutuhan. Bimbingan tutor profesional akan mempercepat proses belajar kamu menjadi lebih efektif!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel