Panduan Lengkap Menghadapi Reading Comprehension Test

Panduan Lengkap Menghadapi Reading Comprehension Test

Salah satu cara untuk menilai kemampuan seseorang dalam membaca dan mengerti informasi tertulis adalah melalui Reading Comprehension Test. Tipe ujian ini seringkali digunakan untuk tujuan akademik maupun mencari kandidat terbaik dalam sebuah lamaran pekerjaan. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana pemahaman seseorang dalam memahami dan memproses informasi kompleks.

Ada berbagai jenis tes reading comprehension yang berbeda. Tetapi, hampir semuanya disertai dengan beberapa paragraf bacaan dan pertanyaan terkait bacaan. Pertanyaan bisa tentang ide pokok paragraf, detail spesifik, atau kesimpulan dari informasi yang disuguhkan

Penjelasan tentang Reading Comprehension Test

Ujian reading comprehension adalah ujian membaca, dengan beberapa bacaan yang diambil dari novel, cerita pendek, atau puisi yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Kamu harus membaca bacaan tersebut dan menjawab serangkaian pertanyaan relevan.

Beberapa pertanyaan bisa berupa pilihan ganda, pertanyaan lainnya bisa muncul dalam bentuk uraian. Setiap jenis bacaan memiliki sistem penilaian yang berbeda, dengan persyaratan panjang jawaban yang bervariasi.

Soal-soal dalam tes ini menguji kemampuan yang disebut parsing, kemampuan membaca dan mengolah informasi maupun ide dari bacaan. Sehingga, kamu dituntut mampu mencari informasi yang diminta, termasuk memberikan argumen sesuai instruksi.

Cara Meningkatkan Skill Reading

Berikut adalah cara meningkatkan skill reading comprehension:

Latihan Teknik Membaca Cepat

Skimming dan Scanning adalah contoh teknik membaca cepat yang bisa meningkatkan keterampilan membaca. Skimming adalah teknik membaca bacaan secara garis besarnya untuk mendapatkan pemahaman secara jelas. Scanning adalah teknik untuk mencari frasa dan kata kunci yang membantu dalam memahami apa ide pokok bacaan tersebut.

Selain itu, kamu juga harus mengelompokkan kata atau frasa bersama. Teknik ini disebut sebagai Chunking, agar bisa membaca lebih cepat.

Tingkatkan Vocabulary

Keterampilan kosakata secara signifikan akan meningkatkan pemahaman membaca. Jika kamu menemukan kata-kata yang kurang familiar saat membaca, cobalah mencari tahu makna dan cara penggunaannya. Cara ini akan meningkatkan pemahaman bacaan lebih baik. Sehingga, kamu bisa meningkatkan keterampilan membaca.

Hilangkan Subvokalisasi

Subvokalisasi adalah kebiasaan mengucapkan setiap kata dalam hati saat membaca. Cara ini hanya akan memperlambat membaca. Cobalah mengurangi kebiasaan ini dengan teknik membaca menggunakan sebuah bulpen atau membaca sambil menggunakan jari agar mata terarah pada tulisan dengan cepat.

Buat Tujuan yang Jelas

Tentukan tujuan kamu dalam membaca bacaan tertentu sebelum memulainya. Apakah kamu membaca untuk mengisi waktu luang, melakukan riset, atau belajar? Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu akan lebih mudah mengatur kecepatan membaca dan mengatur tingkat pemahaman.

Ambil Catatan dan Simpulkan

Saat sedang membaca, ambil catatan kecil atau beri tanda menggunakan stabilo pada beberapa poin penting atau paragraf tertentu. Setelah membaca, simpulkan apa yang telah kamu baca menggunakan kata-kata sendiri. Cara ini tidak hanya membantu mendorong pemahaman membaca, tetapi membiasakan diri meninjau kembali bacaan yang telah kamu baca.

Baca Juga: Tips Mengerjakan Reading Comprehension

Materi dan Trik Mengerjakan Soal Reading Comprehension Test

Berikut adalah beberapa trik agar kamu bisa mengerjakan soal ujian reading comprehension:

Baca Pertanyaan

Walaupun kamu disuguhkan dengan bacaan panjang dan beberapa pertanyaan terkait bacaan tersebut, jangan mulai membaca bacaan terlebih dahulu. Mulailah dengan membaca pertanyaan agar kamu memahami perintah terlebih dahulu. Selanjutnya, mulai membaca untuk mencari tahu jawaban terkait perintah tersebut.

Pahami Jenis Pertanyaan

Dalam ujian reading comprehension, selalu ada beberapa jenis soal. Pertama, kamu akan menghadapi soal pilihan ganda. Biasanya, terdapat sebuah pernyataan atau pertanyaan dengan 4-5 pilihan ganda yang harus kamu pilih.

Pertanyaan lainnya adalah pertanyaan sesuai informasi yang harus kamu temukan di bacaan, seperti nama orang, atau tahun suatu kejadian. Kenali dan pelajari masing-masing jenis pertanyaan yang bisa muncul pada tes ini. Semakin kenal dengan format pertanyaan, maka semakin mudah menyelesaikannya.

Baca Bacaan

Sekarang, kamu sudah paham bagaimana untuk menjawab pertanyaan tersebut. Maka, kamu bisa lanjut dengan membaca bacaan yang disediakan. Jangan terburu-buru dalam membacanya, jangan juga melakukan skimming dalam membaca.

Perhatikan waktu untuk membaca bacaan.

Baca teks dua kali agar kamu yakin dengan jawaban. Selama membaca, perhatikan maksud bacaan dan temukan informasi. Jika masih ada waktu tambahan, baca kembali untuk menemukan jawaban sesuai perintah.

Trik Menjawab Pilihan Ganda

Jika kamu mengerjakan format soal pilihan ganda, pilih jawaban yang paling tepat. Caranya, baca bacaan dengan seksama, dan carilah kata kunci seperti identify, implies, dan relates to. Atau, kamu bisa mencari kata-kata spesifik yang diminta untuk kamu identifikasi, maupun istilah ambigu dalam pertanyaan.

Jangan terburu-buru dalam mengerjakan, pastikan kamu menjawab dengan jawaban yang tepat. Baca ulang bagian pada paragraf bacaan sesuai soal sebelum menjawab.

Trik Menjawab Uraian

Ketika menjawab uraian, kamu harus memperhatikan beberapa hal. Pertama, identifikasi dan nyatakan kembali kata kunci dalam pertanyaan. Tulis jawaban dan tambahkan beberapa kalimat pendukung. Berikan contoh dan jelaskan. Tutup jawaban dengan simpulan.

Baca Juga: Cara Menjawab Reading Comprehension

Sistem Belajar yang tepat Untuk Reading Test

Untuk reading test, sistem belajar yang tepat adalah mengatur waktu. Pastikan kamu mengatur waktu dengan sangat efisien. Selalu kerjaan test reading tersebut dengan membaca pertanyaan terlebih dahulu, dan lanjutkan pada bacaan. Jika kamu masih memiliki waktu, baca teks kembali, baca pertanyaan, dan cari jawaban spesifik.

Untuk soal uraian, pastikan kamu mengambil catatan kecil. Cari kalimat yang bisa mendukung jawaban kamu. Selanjutnya, periksa kembali apa yang akan kamu sampaikan sambil menulis jawaban uraian.

Cara lainnya agar kamu bisa belajar reading test yang benar, kamu harus meningkatkan keterampilan yang melibatkan reading, writing, critical thinking, dan textual analysis. Semakin banyak soal-soal latihan reading comprehension yang kamu pelajari, semakin familiar dengan format ujian tersebut.

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Mengerjakan Reading Comprehension Test

Dalam mengerjakan reading comprehension test, kamu harus mencari informasi sesuai permintaan pada soal. Ada beberapa hal yang dapat kamu perhatikan dalam bacaan, yaitu:

Nama karakter

  • Nama tempat
  • Tindakan karakter
  • Hubungan antara karakter
  • Teknik pemahaman tentang: metaphor, simile, symbols and motifs, imagery, onomatopoeia, dan allusions.

Pastikan kamu membuat beberapa catatan untuk mengumpulkan informasi relevan. Cara ini mempercepat kemampuan kamu dalam menjawab soal.

Baca Juga: Tips Menjawab Soal English Comprehension Level Test

Kesimpulan

Sekarang, kamu sudah mendapatkan panduan lengkap tentang mengerjakan Reading comprehension test. Reading comprehension adalah salah satu skill yang paling penting dalam bahasa Inggris bagi pelajar. Selain membantu meningkatkan pemahaman apa yang mereka baca, juga dapat mengembangkan kosakata.

Reading comprehension berguna untuk membantu pelajar agar bisa memahami apa maksud dan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis. Skill ini sangat berharga dan harus dikembangkan oleh pelajar untuk mempelajari hal baru, berkomunikasi secara efektif, dan memahami ide yang kompleks.

Ingin keterampilan membaca berkembang dengan cara efektif? Mulai perjalanan belajar Bahasa Inggris kamu sekarang juga, di ICAN English! Temukan strategi belajar secara efektif bersama tutor profesional yang akan membantu agar kamu lebih kenal dengan format-format tes reading. Selain bedah soal, kamu juga bisa berdiskusi dengan tutor!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel