Berapa Skor IELTS Untuk Beasiswa Luar Negeri

Berapa Skor IELTS Untuk Beasiswa Luar Negeri

Jika kamu berencana pindah ke negara berbahasa Inggris untuk bekerja atau belajar, kamu harus menunjukkan kemahiran berbahasa Inggris. Mengikuti tes IELTS, atau International English Language Testing System, adalah cara terbaik untuk membuktikan hal tersebut.

Setiap negara memiliki persyaratan skor IELTS minimum yang berbeda untuk visa kerja dan belajar. Untuk penjelasan kali ini, pembahasan difokuskan pada visa pelajar.

Minimal Skor IELTS untuk Beasiswa Luar Negeri

Berikut adalah penjelasan tentang skor IELTS untuk beasiswa luar negeri yang diperlukan untuk studi di Inggris, Irlandia, Australia, dan Amerika Serikat.

Skor IELTS Minimum di Inggris

Berencana memulai studi di Inggris? Untuk visa pelajar di Inggris, skor IELTS yang kamu perlukan bergantung pada tingkat program studi yang ingin kamu pelajari. Studi di tingkat universitas artinya kamu harus memenuhi persyaratan minimum tingkat B2 pada Common European Framework of Reference for Languages (CEFR). Skor tersebut setara dengan skor IELTS antara 5,5 dan 6,5.

Untuk studi di bawah tingkat universitas, kamu memerlukan skor yang lebih rendah, setidaknya B1 CEFR. Dalam istilah IELTS, kamu harus mendapatkan skor antara 4 dan 5, yang menunjukkan bahwa kamu memiliki pemahaman dasar bahasa Inggris yang baik.

Namun, setiap sekolah atau program mungkin memiliki persyaratan IELTS sendiri, sehingga mungkin bisa lebih tinggi dari persyaratan visa minimum. Untuk itu, sebaiknya selalu cek skor IELTS yang diminta oleh institusi pilihan terlebih dahulu.

Baca Juga: Ambang Batas Skor listening IELTS

Skor IELTS Minimum di Irlandia

Jika berencana belajar di Irlandia, kamu memiliki beberapa pilihan jenjang studi yang memiliki kriteria skor berbeda. Pendidikan Tingkat 2 yaitu pendidikan menengah, yang mencakup siklus junior (usia 12-15) dan senior (usia 15-18).

Untuk tingkat dasar, adalah studi kursus pengantar dengan fokus kejuruan, memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar di bidang tertentu, seperti bisnis, kesehatan, atau teknologi.

Jika kamu perlu meningkatkan bahasa Inggris sebelum memulai program akademik utama, kamu harus mengambil studi kursus persiapan bahasa Inggris. Sedangkan jika mengejar gelar sarjana atau pascasarjana, kamu bisa mengambil kursus pendidikan tinggi.

Untuk kursus tingkat 2, tingkat dasar, dan persiapan bahasa Inggris, kamu memerlukan skor IELTS minimal 4.0. Namun, untuk semua program studi lainnya, seperti program pendidikan tinggi, persyaratannya adalah skor IELTS lebih tinggi, minimal 5.0.

Skor IELTS Minimum di Australia

Persyaratan dasar untuk aplikasi visa pelajar adalah skor IELTS keseluruhan minimal 5.5. Jika belum mencapai skor minimum, kamu masih bisa memenuhi syarat untuk mendapatkan visa pelajar.

Misalnya, jika skor IELTS kamu adalah 5.0, yang masih di bawah persyaratan standar, kamu harus mendaftar di English Language Intensive Course for Overseas Students (ELICOS) setidaknya selama 10 minggu. Jika skor IELTS kamu adalah 4,5, harus mengambil program ELICOS lebih lama, setidaknya selama 20 minggu.

Persyaratan skor IELTS minimum untuk Amerika Serikat

Di AS, setiap sekolah menetapkan skor IELTS minimumnya sendiri yang diperlukan untuk mendapatkan visa pelajar. Jadi, pastikan untuk memeriksa persyaratan bahasa Inggris di institusi pilihan sebelum mendaftar.

Misalnya, Massachusetts Institute of Technology (MIT) memberikan syarat skor IELTS minimal 7, dengan skor yang direkomendasikan 7,5. Sedangkan pelamar Berkeley College harus mencapai skor IELTS 5.5 atau lebih tinggi.

Baca Juga: Cara Efektif Mendapatkan Skor IELTS 7

Belajar IELTS di ICAN English

Sekarang kamu telah memahami skor IELTS untuk beasiswa luar negeri, mulai dari di Inggris, Irlandia, Amerika Serikat, dan Australia. Kunci utamanya adalah mempersiapkan semuanya dengan matang.

ICAN English menawarkan sumber daya persiapan untuk memandu setiap pelajar dalam menjalani persiapan tes IELTS. Kamu bisa daftar di program IELTS Preparation Class, kursus IELTS Bahasa Inggris yang telah membantu banyak siswa sebelumnya untuk bisa kuliah ke luar negeri. Dapatkan panduan mendalam dari para ahli IELTS yang berkualifikasi, dengan kegiatan latihan tes intensif, dan sumber daya lainnya bersama kami!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel