Tips Persiapan Speech Dalam Bahasa Inggris

Tips Persiapan Speech Dalam Bahasa Inggris

Ketika kamu harus melakukan speech dalam bahasa inggris, apa hal pertama yang kamu lakukan? Panik dan mengatakan hal-hal yang menunjukkan ketidakmampuan dalam berpidato adalah hal yang wajar karena berbicara di depan audiens. Apalagi jika hal tersebut akan menjadi pengalaman pertama dalam berpidato.

Jika ini adalah pengalaman pertama untuk berpidato, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menonton seseorang yang sudah profesional dalam berpidato. Para “profesional” ini pernah melewati level “amatir”, memiliki pengalaman pertama, sama seperti yang akan kamu alami.

Tips Speech yang Bagus dalam Bahasa Inggris

Menyaksikan profesional memberikan ceramah akan memberi gambaran tentang bagaimana menyampaikan ceramah yang baik. Pelajari gerakan tubuh, cara berbicara, dan berinteraksi dengan penonton. Untuk bisa melakukan speech dalam bahasa inggris dengan penuh percaya diri, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu sampaikan:

Latihan Rutin

Cobalah mengucapkan atau membacakan pidato kamu sendiri dengan lantang terlebih dahulu. Kamu bisa melakukannya dengan bercermin untuk membuat kamu lebih memahami diri. Ide bercermin sangat berguna untuk menginternalisasi ucapan, sehingga ketika kamu mulai berpidato, semua hal yang kamu sampaikan akan terkesan natural.

Setelah berlatih sendiri, kumpulkan sekelompok kecil orang, misalnya teman atau keluarga di rumah. Kamu bisa mulai berlatih menyampaikan pidato di depan mereka. Cara ini membantu menghilangkan demam panggung. Minta tanggapan mereka, mana yang harus ditingkatkan dan dipertahankan untuk untuk meningkatkan kemampuan public speaking.

Ketahui Apa Kamu Bicarakan

Jangan pernah berpidato tentang sesuatu yang sama sekali tidak kamu ketahui atau sesuatu yang tidak kamu sukai. Pidato, seperti semua bentuk tulisan, datang dari hati. Kamu tidak akan bisa terhubung secara emosional atau intelektual dengan penonton jika tidak memiliki 100% pikiran, hati, dan jiwa di dalamnya.

Jika kamu memperhatikan pidato-pidato yang disampaikan oleh Abraham Lincoln, John F. Kennedy, Mahatma Ghandi, dan Martin Luther King, Jr., pidato-pidato tersebut masih memiliki pengaruh kuat hingga saat ini. Hal tersebut terjadi karena mereka menulis dan menyampaikannya langsung dari hati.

Bersiap Menghadapi Kemungkinan Terburuk

Mengetahui kemungkinan terburuk saat speech sangat berguna agar kamu bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Saat berpidato, kamu mungkin bisa mengalami freeze. Jika hal tersebut terjadi, cobalah bersikap santai dan pikirkan pikiran-pikiran bahagia. Ingatlah bahwa semua orang ada, untuk mendengarkan apa yang ingin kamu sampaikan. Audiens sama sekali tidak tahu apa yang akan kamu katakan.

Hal buruk lainna yang bisa saja terjadi adalah ketika kamu lupa dengan isi speech di pertengahan. Jangan pernah menghafal pidato, tetapi buatlah diri terbiasa dengan materi yang ingin disampaikan. Buat segmen dan anekdot untuk mengisi bagian-bagian yang kamu mungkin lupa. Atau, buatlah catatan kertas kecil dan tulis poin-poin penting untuk membantu melanjutkan ketika mengalami kebuntuan.

Libatkan Penonton

Kamu memberikan pidato tersebut agar audiens dapat mengambil manfaatnya. Pidato bersifat interaktif dan biasanya membuat audiens menanggapi pertanyaan yang dilontarkan oleh pembicara. Cobalah melakukan hal tersebut untuk membuat kamu tidak takut dan lebih mengenal audiens. Selain itu, cara ini akan membuat audiens tidak terlalu bosan dan lebih tertarik dengan apa yang kamu bicarakan.

Jangan Memberikan Pidato Panjang

Rentang perhatian orang normal hanya sekitar 15 menit. Setelah itu, otak menjadi bosan, sehingga perhatian tertuju pada aktivitas yang lebih menarik. Banyak audiens cenderung ngobrol atau bermain Handphone.

Pidato terlama yang dapat kamu sampaikan adalah sekitar 7 menit. Namun, jika berencana membuatnya sepanjang itu, pastikan durasinya lebih pendek lagi. Dengan begitu kamu punya waktu untuk berinteraksi dengan audiens.

Gunakan Bahasa Tubuh yang Benar

Kebanyakan orang tidak akan mengingat apa yang kamu katakan, tapi mereka akan mengingat apa yang kamu lakukan di atas panggung. Jadi, jangan menunjukkan tanda-tanda gugup, karena hal tersebut justru membuat kamu tampak tidak kompeten. Cobalah berdiri tegak dan tersenyum, karena hal ini akan membuat kamu tampak lebih percaya diri dan terbuka di hadapan penonton.

Baca Juga: Macam Part of Speech dalam Bahasa Inggris

Mengapa Speech Bahasa Inggris Sangat Penting

Speech atau berpidato dalam Bahasa Inggris adalah skill yang sangat penting untuk komunikasi efektif, baik dalam lingkungan pribadi maupun profesional. Mampu mengartikulasikan pikiran dengan jelas dan percaya diri artinya kamu telah berhasil mengekspresikan ide, berbagi informasi, dan terhubung dengan orang lain.

Keterampilan berbicara juga menunjukkan kemampuan seseorang untuk membujuk dan mempengaruhi. Kemampuan ini sangat penting dalam berbagai skenario seperti wawancara kerja, presentasi, dan percakapan sehari-hari. Selain itu, kemampuan berbicara yang baik dapat meningkatkan harga diri dan interaksi sosial, sehingga kamu dapat membangun hubungan dan jaringan lebih kuat.

Dalam dunia profesional, kemampuan berbicara yang bagus sangat dihargai. Hal ini merupakan hal mendasar bagi kepemimpinan, karena pemimpin perlu menginspirasi dan memotivasi tim, menyajikan ide dengan jelas, dan bernegosiasi secara efektif.

Di bidang seperti penjualan, pemasaran, pengajaran, dan hukum, kemampuan berkomunikasi secara efektif. Kemampuan ini bahkan berdampak langsung pada kesuksesan dan kemajuan karier.

Mau belajar menyampaikan ide secara ringkas dan menarik untuk membuka lebih banyak peluang dalam berkarir? Kamu bisa melatih kemampuan speech dalam bahasa inggris ini di ICAN English! Ambil kursus Bahasa Inggris yang berfokus pada speaking skill agar kemampuan public speaking kamu bisa terasah dari sekarang!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel