Manfaat Mengambil Tes Speaking English dan Tips Tingkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat Mengambil Tes Speaking English dan Tips Tingkatkan Kepercayaan Diri

Menurut sebuah penelitian, lebih dari 72% siswa takut Speaking di depan banyak orang. Hal ini karena kurang percaya diri; baik sebagai pelajar maupun profesional lainnya. Untuk itu, pada panduan kali ini, kamu bisa mempelajari tentang apa saja keuntungan test speaking English dan cara untuk meningkatkan keterampilan tersebut.

Dalam penilaian atau ujian Speaking, kamu akan mendapatkan topik atau pertanyaan. Kamu dapat mengikuti ujian speaking secara langsung, melalui Zoom, atau dengan merekam video berdurasi terbatas. Selama ujian, pelajar mendapatkan satu atau dua pertanyaan secara acak dan harus menjelaskan atau menjawab dalam batas waktu yang ditentukan.

Manfaat Test Speaking English

Berikut adalah apa saja manfaat dalam mengikuti English Speaking Test:

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Speaking test sangat ditakuti banyak siswa karena merasa kurang percaya diri. Latihan ini membantu membangun rasa percaya diri, karena mengharuskan kamu berbicara selama ujian.

Kamu akan belajar bagaimana merumuskan jawaban atas pertanyaan secara lisan saat itu juga. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri. Menyusun jawaban saat itu juga dapat membantu meningkatkan kemampuan mengingat.

Mendorong Teknik dan Hasil Belajar Lebih Baik

Ketika tes speaking, salah satu manfaat utama dalam pendidikan adalah kamu mencoba mengingat atau mempelajari materi pelajaran dengan cara personal. Kamu akan membuat teknik belajar yang dipersonalisasi untuk menghadapi ujian tersebut. Hal ini membantu kamu dalam menemukan cara belajar yang lebih efektif. Sehingga kamu dapat mencapai tujuan dan hasil akademis.

Meningkatkan Keterampilan Komunikasi

Sebagian besar pelajar tidak banyak berlatih berbicara di depan orang lain. Mampu berkomunikasi secara santai atau formal di depan kelas atau saat melakukan tugas presentasi sangat penting. Kamu bisa mendapatkan feedback dan melakukan diskusi bersama teman-teman di kelas.

Sering speaking dan mendapat skor yang baik saat praktek speaking dapat membangun kepercayaan diri dalam melakukan komunikasi efektif. Presentasi atau viva voice juga mempersiapkan pelajar untuk memulai karir di masa depan di industri korporat.

Meningkatkan Keterampilan Berpikir dan Menyelesaikan Masalah

Belajar bagaimana menjawab masalah adalah bagian penting dalam belajar tentang subjek STEM. Ada banyak tes tertulis yang hanya menggunakan pertanyaan-pertanyaan pendek. Sehingga, pelajar banyak yang stuck dan tidak mendapatkan nilai cukup.

Ketika pelajar mendapatkan tes speaking English, maka guru dapat membantu mengatasi masalah mereka. Sehingga, memberikan lebih banyak peluang untuk berlatih dan menunjukkan semaksimal mungkin untuk menyelesaikan masalah. Tes speaking selalu lebih baik dibandingkan tes tertulis.

Interaksi Personalisasi untuk Mengurangi Kecemasan

Salah satu keuntungan paling signifikan dari tes speaking bagi pelajar adalah mengurangi kecemasan saat ujian. Tes speaking selalu membuka interaksi yang dipersonalisasi, sehingga dapat mengurangi kecemasan.

Pelajar juga bisa lebih fokus dalam pemahaman konsep dan tidak perlu hafalan saat mengikuti te speaking. Ujian ini akan membantu pelajar dalam mencoba berbagai cara agar bisa menjawab pertanyaan.

Berpikir Realistis

Kemampuan berkomunikasi lisan melalui tes speaking ini sangat penting karena dapat mengevaluasi pelajar. Sebagian besar pekerjaan apapun saat ini membutuhkan keterampilan komunikasi verbal.

Evaluasi saat tes speaking berkaitan dengan kemampuan memilih kata yang tepat sesuai konteks. Apakah kata-kata tersebut sudah digunakan secara cermat dan sesuai kondisi, baik untuk konteks wawancara, melamar pekerjaan, melakukan negosiasi, atau berbicara dengan pasien. Tes speaking yang dirancang sesuai kondisi di dunia nyata membantu pelajar untuk berkomunikasi secara realistis.

Baca Juga: Cara Berbahasa Inggris dengan Lancar untuk Speaking

Isu dalam Tes Speaking dan Cara Mengatasinya

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja manfaat dari tes speaking English untuk pelajar. Namun, bukan berarti tidak ada kekurangan atau isu sama sekali yang harus diselesaikan. Salah satu kekurangan tes verbal adalah terkadang penilaiannya masih bersifat subjektif. Terkadang, pelajar harus menghadapi kecemasan yang berlebihan dan waktu yang tidak intensif bisa mempengaruhi performa tes.

Cara mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan penilaian tertulis. Fungsinya untuk mengevaluasi informasi fundamental. Kemudian, diintegrasikan dengan ujian speaking yang lebih ekstensif agar dapat membuka pemahaman pelajar terkait materi. Pendekatan komprehensif ini menawarkan pemahaman pembelajaran yang lebih komprehensif juga untuk pelajar.

Cara mengatasi masalah tes speaking juga bergantung pada tujuan spesifik dari proses pembelajaran. Melalui integrasi evaluasi verbal dan tertulis, pendidik dapat menjamin penilaian komprehensif terhadap bakat dan kekurangan pelajar.

Baca Juga: Aplikasi Melatih Speaking English Non-Native

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri saat Speaking

Berikut adalah cara lengkap agar kamu bisa merasa percaya diri saat menghadapi tes Speaking dalam Bahasa Inggris:

Bernafas

Banyak orang yang lupa melakukan cara ini ketika gugup. Jika kamu bisa memastikan diri sendiri mendapatkan cukup oksigen, maka kamu akan merasakan lebih percaya diri dan fasih berbicara Bahasa Inggris. Tarik nafas dalam-dalam sebelum bicara, agar kamu bisa berpikir jernih.

Perlambat Bicara

Kebanyakan pembicara publik dalam Bahasa Inggris berbicara lambat. Saat berbicara lebih lambat, maka kamu akan merasa lebih percaya diri dan dapat dipercaya. Sehingga, akan memberikan dampak terhadap diri sendiri. Kamu akan merasa lebih percaya diri, memiliki waktu lebih untuk berpikir apa yang akan kamu katakan selanjutnya.

Tersenyum

Sejumlah studi menyatakan bahwa tersenyum saat berbicara ternyata memberikan pengaruh positif pada mood audiens. Sehingga, audiens akan merasa lebih senang dan lebih rileks. Kamu bisa melakukan cara ini untuk berbicara Bahasa Inggris lebih percaya diri karena banyaknya orang yang merasa nyaman.

Latihan Menghadapi Kesalahan

Salah satu hambatan besar dalam speaking English adalah ketika menyusun struktur kalimat baru dan menggunakan kosakata baru. Kadang, kamu takut melakukan dua hal tersebut karena takut salah. Membuat kesalahan adalah hal wajar, dan merupakan bagian penting dari pembelajaran. 

Visualkan Keberhasilan

Banyak atlet menggunakan trik ini agar tampil percaya diri sebelum pertandingan. Jadi, kamu harus mencobanya saat menghadapi ujian lisan Bahasa Inggris. Sebelum berbicara Bahasa Inggris, bayangkan kamu bisa berbicara secara jelas dan lancar. Dengan membayangkan hal positif dalam menghadapi situasi, kamu akan merasa percaya diri dan mampu menghadapinya.

Hargai Diri Sendiri

Pastikan kamu merayakan kelebihan diri sendiri. Buatlah daftar yang telah kamu capai saat belajar Bahasa Inggris. Ketika kamu melihatnya kembali, maka kamu sudah melangkah cukup jauh dengan kemajuan yang positif. Sehingga, kamu bisa menghargai diri sendiri dan merasa lebih percaya diri.

Baca Juga: Panduan Sebelum Les Speaking Bahasa Inggris Online

Cara Membangun Komunikasi Verbal Efektif

Berikut adalah cara membangun komunikasi verbal yang lebih efektif agar kamu bisa menyelesaikan tes Speaking English dengan baik:

Berpikir Sebelum Berbicara

Banyak orang merasa kurang nyaman saat suasana terasa sunyi, tetapi berhenti sejenak sebelum menjawab pertanyaan dapat meningkatkan kemampuan merespon. Ambil beberapa waktu sejenak untuk mengatur semua pemikiran dan mengembangkan pernyataan jelas di benak.

Jika kamu terburu-buru dalam menjawab pertanyaan, maka pesan yang akan kamu sampaikan terkesan berantakan. Jika kalimatnya lebih tertata, maka audiens akan merasa terkesan karena kemampuan kamu dalam merespon.

Menggunakan Bahasa yang Singkat

Bersikap singkat saat berbicara tidak hanya membuat pesan lebih mudah dipahami, tetapi juga menyampaikan poin utama kepada audiens lebih cepat. Sebelum berbicara, tanyakan pada diri sendiri, bagaimana kamu dapat menyajikan informasi sejelas dan sesingkat mungkin.

Hindari penggunaan kata dan kalimat rumit. Jangan memasukkan informasi yang tidak relevan. Cara ini memastikan audiens memahami dengan jelas poin-poin utama dan dapat meresponsnya dengan tepat. Keterampilan ini sangat bermanfaat ketika memberikan instruksi atau harapan kepada rekan kerja.

Pahami Audiens

Untuk mengkomunikasikan pesan secara efektif, kamu perlu memahami audiens dan menempatkan diri pada posisi mereka. Tidak semua orang memiliki pengetahuan atau latar belakang yang sama seperti kamu. Pastikan kamu menjelaskan informasi dengan cara yang mudah dipahami oleh siapapun, terutama pada saat membahas topik yang kompleks atau teknis.

Cobalah mempertimbangkan budaya atau kepribadian audiens, karena demografi yang berbeda memiliki preferensi komunikasinya sendiri. Misalnya, kamu akan berbicara dengan seorang teman dekat dengan cara sangat berbeda dibandingkan dengan seorang eksekutif di sebuah perusahaan.

Sebelum melakukan presentasi, tanyakan pada diri sendiri apa yang diinginkan dan yang perlu diketahui audiens, serta apa basis pengetahuan mereka. Ketika memahami dengan siapa kamu  berbicara, akan lebih mudah untuk menyesuaikan pesan dengan kebutuhan audiens. Cara ini memastikan audiens tetap tertarik karena kamu hanya memberikan informasi paling relevan yang ingin didengar.

Perhatikan Nada Bicara

Nada bicara memainkan peran penting dalam komunikasi verbal, dan cara menggunakannya dapat memengaruhi cara audiens berinteraksi. Menggabungkan nada ramah dan hangat dengan senyuman memberikan kesan positif. Sementara itu, berbicara dengan nada datar atau monoton dapat membuat kamu terlihat tidak tertarik, sehingga audiens tidak tertarik.

Cobalah memvariasikan nada bicara dan gunakan nada suara untuk menekankan poin-poin penting. Teknik ini adalah cara mudah untuk memfokuskan perhatian audiens. Kamu dapat menggunakan metode pemodelan verbal, seperti mencoba meniru nada suara orang lain. Misalnya saat sedang berbincang, bicaralah dengan lembut ketika mereka berbicara dengan lembut.

Baca Juga: Kursus Inggris Conversation Class untuk Speaking

Mahir Speaking di ICAN English!

Keterampilan speaking dalam Bahasa Inggris sangat penting. Keterampilan ini sangat berguna untuk membangun hubungan baik dengan orang lain. Sehingga menciptakan interaksi lebih positif dan hubungan kerja lebih kuat. 

Dengan keterampilan ini, kamu dapat menyampaikan rasa percaya diri dan memastikan bahwa audiens memahami pesan atau harapan kamu. Kemampuan berkomunikasi dengan jelas membantu sukses dalam berbagai situasi kerja, termasuk proyek, negosiasi, dan wawancara kerja.

Mau lebih jago menghadapi tes speaking English? Buat kamu tampil lebih percaya diri dan meningkatkan keterampilan komunikasi yang efektif dengan bergabung di kelas ICAN English! Pilih program yang kamu butuhkan, sesuai tes speaking yang akan kamu hadapi.

Misalnya, untuk speaking IELTS, kamu bisa ikut kursus IELTS Preparation Class. Atau, ambil kelas General English jika ingin fasih berbahasa Inggris untuk kebutuhan sehari-hari. Selama belajar bersama tutor berpengalaman, kamu akan meningkatkan keterampilan belajar dan mendapatkan strategi tepat untuk berkomunikasi.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel