Belajar Ungkapan Senang Dalam Bahasa Inggris

Belajar Ungkapan Senang Dalam Bahasa Inggris

Apa yang kamu katakan saat kamu bahagia? Apa ungkapan senang dalam bahasa inggris yang sering kamu lontarkan? Jika jawaban kamu adalah, “I’m happy,” kamu wajib membaca artikel ini untuk belajar lebih banyak ungkapan senang.

Dengan banyaknya kata deskriptif dalam bahasa Inggris yang kamu kuasai, maka kamu akan memiliki keterampilan komunikasi yang lebih menarik dan informatif untuk membicarakan emosi positif. Berikut adalah ungkapan rasa senang yang berbeda untuk mengekspresikan kebahagiaan diri sendiri dan orang lain.

Idiom Bahasa Inggris Untuk Ungkapan Kebahagiaan

Seperti yang kamu ketahui, idiom adalah sekelompok kata yang jika digabungkan akan menciptakan makna baru yang berbeda dari arti masing-masing kata. Meskipun terkadang terkesan tidak masuk akal, ungkapan-ungkapan ini bisa menjadi cara yang menarik untuk belajar ungkapan senang dalam bahasa inggris secara spesifik dan akurat.

Idiom dimulai dari Preposisi

Preposisi seperti on, over, atau in, dapat digunakan untuk melengkapi idiom yang mengungkapkan kesenangan. Meskipun subjek dan tense dari kata kerja “be” dapat berubah, idiomnya sendiri akan tetap sama. Strukturnya adalah: subject + be + idiom.

Semua idiom berikut memiliki arti yang kurang lebih sama, untuk mengungkapkan perasaan bahagia yang luar biasa.

  • On cloud nine: “Mr. Joko and her family have a brand new apartment. They’re on cloud nine!” (present simple)
  • Over the moon: “When Joko found out he was getting his dream job, Joko was over the moon!” (past simple)
  • On top of the world: “Whenever Joko finishes a good workout, he’s on top of the world.” (present simple)
  • In seventh heaven: “Try some of our signature dish: You’ll be in seventh heaven!” (future simple)

Semua idiom di atas seolah mengatakan hal-hal yang melambung tinggi! Banyak orang menggambarkan bahwa definisi senang atau bahagia itu seperti terbang ke angkasa.

Idiom Diawali Kata Kerja

Kumpulan idiom berikut ini sedikit berbeda: Idiom ini mengandung kata kerja, sehingga strukturnya dapat berubah bergantung pada subjek dan waktu tindakan.

  • Grin from ear to ear – Tersenyum lebar: “So, tell us some good news. We think right now, you’re grinning from ear to ear!” (present continuous)
  • Jump for joy – Sangat bahagia atau antusias karena suatu hal: “When I finally meet my family after two years apart, I’ll jump for joy!” (future simple)
  • Have the time of (one’s) life – Sedang bahagia-bahagianya: “They wish we’d accept their trip invitation! They had the time of their lives!” (past simple)

Ungkapan Lainnya untuk Rasa Senang

Saat seseorang berbagi kabar baik, penting untuk meresponsnya dengan benar. Jika kamu tidak memiliki kata-kata yang tepat, kamu mungkin terlihat tidak senang atau bersemangat, sehingga terkesan kurang sopan. Berikut beberapa ekspresi untuk membantu menunjukkan kebahagiaan atau kegembiraan kepada orang lain!

“Wow! you got a perfect IELTS score!”

“You were selected to lead the team for the first time? That’s amazing!”

“It’s great that you’re finally buying a new apartment. You deserve it!”

“You’re getting a new car? Fantastic! I can’t wait to see it, bro!”

“I heard you’re moving to America, for your album promotion. I’m so excited for you!”

Ekspresi bahasa inggris di atas berguna untuk menunjukkan kebahagiaan bagi orang lain. Cobalah mengungkapan perasaan bahagia dengan berbagai ungkapan di atas untuk meningkatkan makna pada percakapan.

Baca Juga: Ungkapan Apresiasi Dalam Bahasa Inggris

Ungkapan Senang dengan Adjectives

Kata sifat bahasa Inggris dapat digunakan untuk mengekspresikan kebahagiaan. Strukturnya adalah: Subject + be + adjective.

Saat menggunakan kata sifat, bentuk kata tidak akan berubah. Meskipun subjek dan kata kerja “be” bisa berbeda-beda, kata sifat akan selalu tetap sama. Semua kata sifat berikut menyampaikan perasaan bahagia dengan sedikit perbedaan.

Chuffed (U.K. – informal) – Sangat senang

“Joko sent her a cute gift – she’s chuffed!” (present simple)

Ecstatic – Sangat senang atau bersemangat

“Joko was ecstatic when he learned her wife was pregnant.” (past simple)

Stoked (U.S. – informal) – Sangat bersemangat

“Everyone is stoked about the trip for the next weekend!” (present simple)

Overjoyed – Filled with happiness

“If we offer them the ticket for the concert, they will be overjoyed!” (future simple)

Mau belajar lebih banyak tentang ungkapan senang dalam bahasa inggris dan ekspresi lainnya? Belajar mudah di ICAN English! Dapatkan banyak pengalaman belajar berbeda dengan bergabung di kelas kursus Bahasa Inggris kami. Buat pengalaman berkomunikasi jadi lebih interaktif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel