Urutan Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris 

Urutan Kata Sifat Dalam Bahasa Inggris 

Bahasa Inggris adalah bahasa yang kompleks. Salah satu fitur yang paling menarik adalah urutan kata sifat dalam bahasa inggris. Kata sifat adalah kata-kata yang mendeskripsikan suatu kata benda, dan dapat digunakan untuk membuat kalimat lebih bervariasi dan deskriptif.

Terdapat urutan kata sifat yang tepat yang tidak mudah dipahami pada awalnya. Tetapi, kamu bisa merasakan kemampuan akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Belajar Order of Adjectives dalam Bahasa Inggris

Pemahaman urutan adjectives akan meningkatkan pemahaman tentang seseorang, tempat, atau benda untuk menambah rasa emosional. Berikut adalah panduan lengkap untuk mempelajarinya.

Aturan Urutan Kata Sifat

Dalam bahasa Inggris, ada aturan yang sering disebut dengan “Royal Adjective Order”. Aturan ini menyatakan bahwa kata sifat harus ditempatkan dalam urutan berikut:

  • Opinion
  • Size, height, and length
  • Quality
  • Age
  • Shape
  • Color
  • Origin
  • Material
  • Purpose

Contoh Kalimat dan Penjelasan

Misalnya, jika ingin mendeskripsikan sebuah bola, kamu akan mengatakan, “It’s a six-year-old, round, green ball”. Di sini, kata sifat “six-year-old” muncul sebelum kata sifat “round” karena merupakan kuantitas, dan kata sifat “round” muncul sebelum kata sifat “green” karena merupakan ukuran.

Tidak semua kata sifat harus digunakan sesuai urutan di atas. Misalnya, jika kamu ingin mendeskripsikan sebuah gedung tinggi berwarna kuning, kamu bisa mengatakan, “That’s a tall, yellow building”. Kata sifat “tall” dan “yellow” dapat ditempatkan dalam urutan apa pun.

Perhatikan juga bahwa beberapa kata sifat berfungsi sebelum atau sesudah kata benda. Misalnya, jika kamu ingin mendeskripsikan sebuah sepeda yang indah, kamu bisa berkata, “That’s a beautiful bike” atau “It’s a bike that is beautiful”. Pada kalimat tersebut, kata sifat “beautiful” bisa muncul sebelum atau sesudah kata benda.

Tanda Baca Kata Sifat

Saat menggunakan kata sifat, gunakan tanda baca yang benar. Dalam bahasa Inggris, kata sifat dipisahkan dengan koma jika memiliki jenis yang sama. Misalnya: “Susan has a beautiful, cute bracelet.”

Namun, jika kita berbicara tentang gelang yang “beautiful” dan “antique”, keduanya tidak perlu dipisahkan dengan koma. Jika menggunakan lebih dari tiga kata sifat, sebaiknya pisahkan dengan koma agar lebih jelas:

“Her bracelet is cute, beautiful, and antique to boot!”

Urutan kata kata sifat yang benar dapat membingungkan pada awalnya dan membutuhkan waktu untuk mempelajarinya. Namun, dengan latihan, materi ini menjadi lebih mudah dipahami. Kuncinya adalah mempelajari aturan Royal Order.

Baca Juga:
Kumpulan Kata Sifat Bahasa Inggris
Mengenal Ciri Ciri Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Mengapa Belajar Urutan Kata Sifat?

Sekarang, kamu sudah mengetahui seperti apa urutan kata sifat dalam Bahasa Inggris. Pemahaman ini membantu membuat kalimat yang lebih mudah dipahami. Jika kata sifat ditempatkan dalam urutan yang salah, akan membingungkan pembaca.

Kata sifat dapat mempengaruhi makna sebuah kalimat. Misalnya, jika kamu mengatakan, “It’s a tall, yellow building.”, kata sifat “tall” menggambarkan bangunan tersebut, sedangkan kata sifat “yellow” memberi warna pada bangunan tersebut.

Bingung harus belajar Bahasa Inggris dari bagian mana saja? ICAN English membantu mempermudah proses belajar dengan pengalaman yang lebih menyenangkan! Ikuti program kursus Bahasa Inggris kami, dan gabung di kelas intensif. Selama kursus, kamu akan bertemu teman-teman baru, tempat yang nyaman, dan tutor yang selalu mempermudah pemahaman kamu dalam belajar!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.

Form Konsultasi - Artikel